CEO PSIS Semarang Buka Suara Terkait Insiden Bonek Masuk Stadion


  •    Robert
  •    21/09/19 - 10:30
  •    3639

Liga 1 Indonesia

Pertandingan lanjutan Liga 1 musim 2019 antara PSIS Semarang melawan Persebaya Surabaya di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Jumat (20/9) sore seharusnya digelar tanpa penonton.

Namun laga memanas ketika para suporter Persebaya atau Bonek merangsek masuk ke tribun stadion. Bonek bahkan memenuhi tribun timur stadion.

CEO PSIS Semarang, A.S. Sukawijaya atau akrab disapa Yoyok Sukawi mengaku kesal dengan insiden ini.

"Kesepakatan awal kan sudah jelas, tertuang dalam surat resmi jika pertandingan PSIS lawan Persebaya tanpa penonton. Bonek melanggar kesepakatan itu dan menjebol pintu sehingga membuat situasi panas tak terkendali," kata Yoyok Sukawi, setelah pertandingan, Jumat (20/9).

"Jika melanggar, semestinya laga tersebut tidak layak digelar. PSIS tidak salah, sesuai dengan SOP, tadi murni kesalahan dari suporter Bonek yang memaksa masuk, menjebol pintu. Aparat keamanan kewalahan saat Bonek merangsek masuk stadion," tegas Yoyok.




Yoyok menegaskan Bonek harus mendapatkan sanksi atas perilaku tersebut, bukan kepada PSIS.

"Yang disalahkan harusnya Bonek bukan suporter PSIS. Kami masih mampu menyelenggarakan pertandingan sampai selesai, dengan situasi yang membahayakan. Kalau pihak lain pasti tidak mau melanjutkan pertandingan. Kami menjunjung tinggi fair play, dan lebih banyak dirugikan,," jelasnya.

"Bonek semua tadi di tribun timur, sementara Panser dan SneX terkonsentrasi di Semarang. Setelah Bonek masuk dalam jumlah besar, otomatis anak-anak Panser ikut masuk. Ini murni kesalahan Bonek," tambahnya. halaman 2 dari 2
Bahkan pada menit ke-65, pertandingan sempat dihentikan karena adanya insiden setelah masuknya suporter PSIS yang memprotes aksi Bonek. Yoyok Sukawi turun menenangkan suporter yang turun ke sisi lapangan. "Panser memprotes aparat, kenapa Bonek bisa masuk. Polisi minta sendiri tidak boleh ada penonton, tapi malah dilanggar sendiri dengan memperbolehkan Bonek masuk. Tidak hanya itu, Bonek juga turun ke lapangan," ujar pria yang juga anggota Exco PSSI itu.

Manajemen PSIS akan melayangkan surat protes atas insiden Bonek masuk stadion kepada PSSI.

"Kami akan layangkan surat protes atas perilaku buruk Bonek dalam laga PSIS lawan Persebaya," pungkasnya.

PSIS sendiri kalah telak 0-4 dalam laga itu lewat gol yang dicetak Otavio Dutra pada menit ke 29, David Da Silva pada menit ke 45, Diogo Campos menit ke 49, dan Osvaldo Haay pada menit ke 65.







Berita Terkait


1571013001816

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?