Wawancara Eksklusif: Buka-bukaan Sandy Walsh Soal Timnas Indonesia dan Proses Naturalisasi yang Digantung PSSI


  •    Randy Wirawan
  •    08/10/19 - 16:10
  •    6519

bolalob

Pemain keturunan Indonesia, Sandy Walsh menyempatkan diri datang ke Jakarta pada bulan Mei lalu bertemu PSSI untuk mengurus proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Namun setelah hampir lima bulan tidak ada kejelasan terkait status naturalisasinya.

Ia saat ini dibuat menunggu. Tidak ada lagi komunikasi terjalin dengan PSSI terkait perkembangan proses naturaliasi.

Belum lama, Sekretaris Menpora, Gatot S. Dewa Broto bicara tentang Sandy Walsh. Ia menyebut tidak ada usulan dari PSSI untuk naturalisasi Sandy.

Sebenarnya bagaimana saat ini status naturalisasi Sandy Walsh? Berikut wawancara Bolalob dengan pemain klub Liga Belgia, Zulte-Waregem ini: halaman 2 dari 3



Halo Sandy apa kabar?


Halo Randy dan Bolalob saya baik-baik saja, bagaimana kabar kalian?

Bagaimana musim berjalan sejauh ini?

Musim berjalan dengan baik, tim bermain dengan bagus dan meraih hasil positif di liga. Saya tidak bermain untuk saat ini namun saya akan kerja keras untuk bisa segera kembali ke tim secepat mungkin.

Bagaimana tentang tim nasional? Performa mereka di pertandingan melawan Malaysia dan Thailand?

Saya mencoba untuk mengikuti pertandingan walau tidak semudah itu. Tapi saya selalu memberikan dukungan lewat media sosial saya. Performa tim sangat bagus di babak pertama namun saya melihat kondisi fisik kurang baik atau kelelahan yang membuat performa menurun di babak kedua karena lawan menurut saya tidak lebih baik dari kami, Indonesia. Dukungan di pertandingan pertama sangat luar biasa!




Bagaimana tentang proses naturalisasi? Apakah ada perkembangan terbaru?

Seperti yang semua orang harus tahu saya datang di tengah liburan ke Jakarta terima kasih kepada Bolalob yang membantu untuk memulai prosesnya. Saya ingin menjadi bagian tim nasional dan mengambil inisiatif untuk datang ke Indonesia dengan dokumen yang dibutuhkan. Saya diberi tahu ketika rapat (bersama Ratu Tisha, Simon, dan asistennya) bahwa kami harus mengurus perubahan asosiasi dari KNVB ke PSSI di FIFA. Karena mereka lupa melakukan itu di kasus Ezra dan mendapat masalah. Jadi sebelum mengajukan paspor Indonesia kami harus mengubah asosiasi. Itulah mengapa tidak ada aplikasi ke Kemenpora untuk saya, seperti yang saya lihat di artikel baru-baru ini.

Siapa yang bertanggung jawab untuk menjalani komunikasi dengan FIFA? PSSI atau Anda?

Setelah rapat, saya mencoba untuk menjalin komunikasi dengan PSSI secara reguler dan pada awalnya komunikasi terjalin dengan bagus namun dalam satu setengah bulan terakhir tidak ada kontak. Hanya Coach Simon yang merespons saya. Normalnya, PSSI yang mengontak FIFA tapi mereka memberi tahu saya ada masalah tapi mereka sebelumnya bisa melakukannya untuk kasus Stefano (Lilipaly) jadi saya menunggu. Saya juga punya koneksi di FIFA dan segera jika tidak ada kabar maka saya akan menghubungi sendiri.


halaman 3 dari 3


Kapan terakhir kali orang PSSI menghubungi Anda?


Saya terakhir kali menghubungi Simon pekan lalu dan berbicara dengannya. Bersama PSSI tidak ada komunikasi lagi sejak 22 Juli.

Setelah banyaknya kekecewaan apakah Anda masih ingin bermain untuk Timnas Indonesia?

Saya tahu ada kekecawaan besar (melihat hasil di dua laga awal), saya juga sangat kecewa tidak bermain. Jadi tentu para pemain lain juga kecewa dan tentu suporter karena mereka bermain melawan tim rival. Namun menurut saya, segalanya masih mungkin dimana kami harus tetap percaya dan berjuang bersama.

Saya lebih kecewa lagi setelah saya datang di tengah liburan saya ke Jakarta tapi setelah itu justru tidak ada langkah maju. Tidak ada komunikasi lagi untuk menjelaskan kepada saya, jadi saya tahu situasinya.




Apakah Anda punya pesan untuk suporter Timnas Indonesia?

Saya ingin berterima kasih kepada mereka sekali lagi dan ingin memberi tahu bahwa saya sangat ingin bermain untuk Timnas Indonesia. Saya akan tetap menunggu dan berharap dukungan mereka bisa membuat saya cepat bermain untuk negara yang sangat luar biasa yaitu Indonesia.


Vlog Sandy Walsh Mengejar Mimpi di Jakarta

Terakhir diubah:  09/10/19 - 11:57







Berita Terkait


1571126402560

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?