Mengenal Wonderkid Baru PSM Makassar asal Bone, Muhammad Rizky Pratama


  •    Robert
  •    21/10/19 - 17:00
  •    2032

Bolalob

PSM Makassar dikenal sebagai salah satu klub yang sukses melahirkan bakat-bakat pesepakbola terbaik nasional dalam beberapa tahun terakhir.

Luasnya pulau Sulawesi membuat Juku Eja bisa mencari pemain muda berbakat di berbagai pelosok. Banyak anak-anak bermimpi untuk bisa membela klub kebanggaan asal Sulawesi Selatan itu. Salah satunya adalah pesepakbola muda asal Bone, Muhammad Rizky Pratama.

Dalam skuat PSM Musim ini setidaknya ada lima pemain dibawah usia 21 tahun yang masuk ke tim utama. Mulai dari Asnawi Mangkualam, Takwir Rahman, Aji Kurniawan, Firza Andika, Muhammad Arfan dan Muhammad Rizky Pratama.




Muhammad Rizky Pratama adalah seorang pemain sayap dan masih berusia 19 tahun. Dirinya memiliki jejak sebagai pemain futsal saat duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA). Ia menjadi juara sebuah turnamen futsal di Makassar pada tahun 2017 lalu bersama dengan kiper muda PSM, Muhammad Reza Pratama.

Ia adalah jebolan dari SSB Beringin Putra dan menjadi bagian dari skuat PSM U-19 pada tahun lalu.

"Awal karir saya di dunia sepakbola adalah saat masih duduk di bangku SD, pada saat itu saya ikut berlatih di SSB Beringin Putra.

"Alhamdulillah kedua orang tua saya sejak kecil selalu mendukung saya dan selalu menonton langsung saya pada saat ikut kompetisi," ujar Rizky.

Lihat postingan ini di Instagram

Terima kasih atas doamu👨‍👩‍👧‍👦 #Championes#kekerfutsalleague2017#Smankojuara

Sebuah kiriman dibagikan oleh MuhammadRizky (@muhrizkyekapratama) pada

halaman 2 dari 3
Rizky menjadi kapten PSM U-19 pada musim lalu, pelatih Hery Setiawan pun merekomendasikan kepada Darije Kalezic untuk mempromosikannya ke tim utama pada musim ini. Ia pun didaftarkan ke ajang Piala AFC.

“Saya masuk ke tim senior karena rekomendasi pelatih kepala (Hery Setiawan). Saya sangat bersyukur bisa mendapat kesempatan ini,” paparnya.

Rizky mengatakan bahwa futsal memberinya tambahan ketrampilan dalam bermain di sepakbola konvensional. "Saya bisa dapat mengasah skill dan teknik yg bisa membantu saya lebih percaya diri saat bermain," ujarnya.


Debut Rizky di Liga 1 terjadi saat saat PSM menghadapi Persib Bandung dalam lanjutan pekan 15 Liga 1, di Stadion Mattoanging Makassar, Minggu (18/8/2019). Ia menjadi pemain pengganti di menit ke-89 untuk menggantikan M Rahmat. Meski hanya tampil beberapa menit, dan terkesan singkat, Rizky cukup mendapat apresiasi.

"Kami harusnya memberikan kesempatan lebih kepada pemain muda menunjukkan kualitas dan bakatnya. Rizky salah satu pemain muda yang layak mendapatkannya," ungakp Darije beberapa waktu lalu.

Sejak paruh kedua Liga 1 musim ini, Rizky terus menjadi pemain andalan PSM di sisi winger kiri. Apalagi badai cedera menerpa skuat Juku Eja. Kecepatan dan keputusannya di lapangan patut diancungi jempol untuk pemain yang masih berusia 19 tahun ini.

Dalam sembilan laga yang sudah ia mainkan hingga pekan ke-23, Rizky sukses mencatat tiga assist. Ia tampil menawan saat berhadapan dengan Arema FC, dimana PSM menang besar 6-2. Di laga itu Rizky bertahan sangat baik dengan melakukan setidaknya enam intersep bola lawan.

"Ini normal level yang cukup tinggi untuk mereka. Rizky belum pernah main 90 menit di level seperti ini," sebut Darije Kalezic usai laga melawan Arema. halaman 3 dari 3
Rizky pun ingin membawa nama Bone ke panggung internasional bersama dengan Timnas Indonesia. Pesepakbola terakhir asal Bone yang masuk skuat Garuda adalah Ahmad Amiruddin. Dimana mantan penyerang PSM Makassar itu bergabung bersama Tim Merah Putih pada 2006 dan 2007.

“Suatu saat nanti, saya ingin membela Timnas Indonesia. Saya ingin memberikan yang terbaik untuk negeri ini,” ungkap Rizky.



“Saya akan manfaatkan kesempatan ini. Bermain di tim senior, akan membuat saya mendapat pengalaman yang berharga. Dan bisa menjadi modal menuju timnas,” katanya.

"Coach Darije selalu memberi menit bermain untuk pemain muda dan pada saat itu juga Coach selalu memberikan support dan itu membuat kami bisa percaya diri saat bermain.

Semoga selalu konsisten dan trrus menampilkan permainan terbaik saya dan terus memberi yang terbaik untuk PSM di tiap menit bermain yang saya dapat," ujarnya.

PSM harus terus menjaga dan memberikan kesempatan kepada Rizky dan anak muda lainnya jika tak ingin kehilangan bakat terbaik dari pulau Sulawesi. Sebelumnya sudah ada nama-nama yang tampil apik bersama klub lain, sebut saja Nurhidayat (Bhayangkara FC), Witan Sulaiman (PSIM Yogyakarta) dan juga Irfan Jaya (Persebaya Surabaya).

Profil Lengkap:

Nama: Muhammad Rizky Eka Pratama
Tempat dan tanggal lahir: Bone, 24 Desember 1999
Posisi: Penyerang
Nomor Punggung: 24
Terakhir diubah:  01/11/19 - 16:41







Berita Terkait


1575111601903

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?