Sumardji Sebut Jadi Manajer Timnas Indonesia Penuh Tantangan


  •    Gerry Putra
  •    22/10/19 - 09:10
  •    641

Gerry Putra/Bolalob


AKBP Sumardji merasa tertantang menjadi manajer Timnas Indonesia. Ia pun mengakui ada tekanan dari publik terhadap performa Timnas Indonesia.

Sebelumnya, Sumardji merupakan manajer Timnas Indonesia U-23. Pada perjalanannya, ia diminta federasi untuk mengelola Timnas Indonesia senior, beberapa minggu sebelum menghadapi Malaysia, pada kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Jujur, membawa timnas Indonesia itu berat. Saat publik mengelu-elukan bahwa Timnas Indonesia bisa berbicara banyak di Kualifikasi Piala Dunia 2022, tetapi nyatanya tidak. Empat kali bermain, tapi tidak ada satu poin didapatkan," kata Sumardji.

"Saya tidak bisa tidur selama dua hari setelah tim ini kalah dari Thailand. Lalu pas lawan Vietnam, saya hanya minta satu poin saja, tapi tidak juga didapatkan," ucap Sumardji katanya,

Berdasarkan pengalamannya, ia mengaku lebih mudah menangani atau menjadi manajer Timnas Indonesia U-22 atau U-23.

"Mulai dari para pemainnya yang lebih mudah diajak koordinasi, begitu juga klub yang kami bisa tarik pemainnya, tidak seperti timnas senior," kata Sumardji.

Meski demikian, pria yang juga manajer Bhayangkara FC itu tetap menganggap ini sebagai tantangan sebagai manajer Timnas Indonesia.

"Ini suatu tantangan bagi saya. Awalnya saya ragu-ragu, tetapi dengan kondisi seperti ini, saya malah tertantang," tuturnya.

Timnas Indonesia sudah alami empat kekalahan di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023. Skuat Garuda kalah dari Malaysia (2-3), Thailand (0-3), Uni Emirat Arab (UEA) 0-5, dan Vietnam (1-3).







Berita Terkait


1576236776675

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?