Pelatih Timnas Thailand Ungkap Faktor Tak Berkembangnya Sepak Bola di ASEAN


  •    Rifqi Fadhillah
  •    23/10/19 - 10:30
  •    4646

The Sun

Pelatih Timnas Thailand, Akira Nishino, mengungkap ada hal yang harus dibenahi dari karakter yang dimiliki oleh tim-tim di Asia Tenggara (ASEAN).

Akira Nishino baru pertama kali menangani tim dari Asia Tenggara. Sebelumnya, Akira tak pernah keluar dari karir kepelatihan di Jepang, baik sebagai pelatih sebuah klub maupun tim nasional.

Menurut Akira, tim-tim di Asia Tenggara memiliki stamina yang lemah dibandingkan dari negara di luar ASEAN. Hal ini dirasakan Akira seusai menjalani babak Kualifikasi Piala Dunia 2022, dimana Thailand satu grup dengan beberap tim ASEAN seperti timnas Indonesia, Vietnam dan Malaysia.

“Sebagaimana yang saya lihat, di beberapa negara (ASEAN) yang memiliki level sepak bola sangat rendah, pertandingan ‘sebenarnya’ hanya berlangsung 60 menit. Mereka akan melakukan segala cara untuk meraup hasil positif,” ucap Nishino dilansir dari FOX Sports.




Akira merasakan betul hal tersebut saat menghadapi timnas Vietnam. Tampil dikandang sendiri, membuat Thailand ingin meraih kemenangan. Namun, salah satu pemain Vietnam justru dengan sengaja mengulur waktu permainan sehingga membuat skor menjadi imba 0-0 hingga akhir laga.

"Kejadian itu ada di depan mata. Saya pikir, para pemain Vietnam sengaja cedera untuk mengulur waktu pertandingan. Saat itu, saya hanya bisa mengumpat dalam Bahasa Jepang dan menyuruh pemain lawan (Tien Dung) segera melanjutkan permainan,” lanjut Nishino.

halaman 2 dari 2
Pelatih asal Jepang itu pun memberikan saran agar hal tersebut janganlah terulang. Hal ini untuk perkembangan sepak bola di ASEAN itu sendiri.

“Di sini, saya tidak paham kenapa mereka bisa melakukan ini. Sepak bola di sini (ASEAN) tidak akan pernah berkembang jika ini dibiarkan. Tindakan tidak profesional itu harus dibuang jauh-jauh." tuturnya.

Thailand sendiri saat ini memimpin klasemen sementara Grup G dengan mengoleksi 7 poin. Tim Gajah Putih hanya unggul selisih gol dari Vietnam yang juga memiliki poin yang sama.







Berita Terkait


1573617601800

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?