Bintang Persija Putri Beberkan Perbedaan Cara Main di Eropa dan Indonesia


  •    Kukuh Wahyudi
  •    30/10/19 - 16:30
  •    1.075

Bintang Persija Putri Beberkan Perbedaan Cara Main di Eropa dan Indonesia
Zahra Muzdalifah. (Persija)

Pesepakbola putri asal Persija, Zahrah Muzdalifah, sempat mencoba peruntungan menjalani seleksi di klub-klub Swedia. Lewat agenda itu, ia pun merasakan gap antara sepak bola putri di Indonesia dengan Eropa.

“Auranya sangat berbeda di sana. Dari awal saya training di sana tekanannya sangat terasa,” kata Zahra kepada Bolalob.

Menurutnya, rasa santai yang bisa ia rasakan kala bermain di Indonesia ternyata tidak bisa ia terapkan di Swedia.

“Kita tidak bisa saat bola kita kuasai, baru mikir untuk mengolah bola itu. Hal itu bakal telat banget. Jadi saat bola on the way kita sudah harus berpikir,” ucap pemain berposisi gelandang itu.

“Kalau di sini (Indonesia) mungkin lima detik masih bisa santai atau mikir. Kalau di sana harus berpikir lebih dulu sebelum dapat bola,” katanya melanjutkan.

Baca Juga :


halaman 2 dari 2

Lebih jauh, Zahra menceritakan betapa pentingnya sentuhan pertama saat memegang bola. Jika sentuhan pertama sudah tidak benar, maka hampir dipastikan lawan bisa memanfaatkan kesalahan itu.

“Mereka fast dalam ambil keputusan. Bukan fast lari kencang, tapi fast dalam berpikir. Main di sana itu sangat melelahkan. Tak hanya fisik tapi otak juga. Kaya belajar 10 jam tapi sambil olahraga,” tuturnya.

Kalau urusan lari cepat, Zahra mengakui ia termasuk unggul di sana. Pasalnya, postur pemain Eropa relatih besar dan sedikit berat dalam berlari.

“Kalau lari memang saya termasuk cepat. Tapi, soal ambil keputusan jelas mereka. Jauh banget saya di bawah mereka,” kata pemain kelahiran 4 April 2001 itu.

Pemain berlabel timnas itu pun mendapat pesan dari beberapa pelatih yang sempat ia temui saat menjalani trial di delapan klub berbeda.

“Pelatihnya kasih saran ke saya. Mereka bilang saya punya potensi dan harus terus diasah. Tapi, mereka bilang pandangan saya kurang luas dan harus berfikir cepat,” ucap Zahra.







Video Trending



Berita Terkait


1589616001987

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?