RD Minta Pengurus PSSI yang Baru Perbaiki Kualitas Kompetisi dan Wasit


  •    Rizqi Ariandi
  •    05/11/19 - 06:30
  •    486

Rizqi Ariandi/Bolalob

Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan menaruh harapan besar pada pengurus baru PSSI yang dipimpin Mochamad Iriawan atau Iwan Bule. RD -sapaan karib Rahmad Darmawan- berharap PSSI dapat memberbaiki kualitas kompetisi di Indonesia.

RD mengatakan dirinya memiliki banyak harapan terhadap para pengurus PSSI periode 2019-2023 yang baru terpilih dalam kongres yang digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11/2019).

Dari banyaknya harapan RD pada federasi, ada satu yang paling krusial. Yaitu, soal kompetisi. RD meminta pengurus baru PSSI lebih profesional dalam menggelar kompetisi, terutama berkaitan dengan jadwal pertandingan.

Ke depan, RD mengharapkan tidak ada lagi jadwal pertandingan Liga 1 yang berdekatan atau bahkan bentrok dengan agenda tim nasional. Menurutnya, hal itu sangat merugikan timnas dan klub.

"Kami ingin kompetisi dengan jadwal yang jelas, taat pada regulasi FIFA. Lalu, (proses) keluar masuknya pemain dari klub ke timnas, seperti apa," kata RD.




RD memberikan contoh saat Indonesia berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tira Persikabo, klub yang diasuh RD merasa sangat dirugikan karena para pemain pilarnya seperti Angga Saputra, Manahati Lestusen, dan Osas Saha harus bergabung dengan tim nasional, sementara di sisi lain Tira Persikabo butuh tambahan tenaga mereka karena kompetisi tetap diputar, atau jarak pertandingan timnas dengan klub terlalu dekat.

"Saya kemarin kritik soal itu. Pemain itu dibutuhkan klub, tapi kan kita gak bisa pakai. Itu satu contoh," ungkap RD.

Selain soal kompetisi, RD juga meminta PSSI melakukan penyegaran perangkat pertandingan. Meski diakui kualitas wasit di Indonesia semakin baik, tapi RD menilai perlu ada peningkatan lagi.

"Lalu, soal verifikasi stadion. Tidak boleh (dipakai), ya tidak boleh. Kami, misalnya. Tidak bisa mengajukan Stadion Persikabo (Mini Cibinong), tapi ada klub yang mengajukan stadion dengan kualitas yang lebih jelek, bisa (dipakai)," kata pelatih yang gemar menggunakan topi tersebut.







Berita Terkait


1575444601634

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?