Masa Depan Thailand Ada di Pundak Suphanat Mueanta


  •    Robert
  •    07/11/19 - 22:00
  •    2536

Football tribe

Suphanat Mueanta digadang-gadang akan menjadi pesepakbola terbaik Thailand di masa mendatang. Seperti yang diberitakan oleh media Inggris, Guardian yang memasukannya dalam daftar 60 pesepakbola muda terbaik dalam tajuk Next Generation 2019.




"Striker itu telah menarik perhatian klub-klub besar Korea Selatan dan China dan menjadi pemain termuda kelima yang tampil di Liga Champions Asia tahun ini, mencetak gol melawan Beijing Guoan. Dia sudah menjadi pencetak gol termuda di tingkat teratas Thailand dengan gol untuk Buriram United ketika dia baru berusia 15 tahun. Dan setelah membintangi tim Thailand U-16 dan U-19, ia telah muncul di tim U23. Memainkan menit pertamanya untuk tim senior di bulan Juni dan start pertamanya tidak terlalu jauh," ujar analisis sepakbola Asia, John Duerden.

Hanya ada enam pemain muda dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang berhasil masuk dalam daftar 2019 milik Guardian. Selain Suphanat dan Hakim Shamsudin Luqman (Malaysia), gelandang serang Jepang Jun Nishikawa, kiper Tajikistan Khasanov Mukhriddin, gelandang Uzbekistan Jasurbek Jaloliddinov dan Noah Botic Australia juga masuk dalam daftar Next Generation 2019. halaman 2 dari 3
Suphanat Mueanta sendiri sudah menggila sejak level U-16. Dia adalah kapten Thailand U-16 di turnamen persahabatan Jockey Club yang diadakan di Hong Kong pada tahun 2017 lalu.


Pemain kelahiran tahun 2002 itu berhasil mencetak 19 gol dari 16 penampilannya untuk timnas Thailand U-16.

Saat itu, Suphanat baru berusia 14 tahun dan menarik perhatian para pencinta sepak bola di Thailand sejak beberapa waktu lalu.

Debutnya di Liga Thailand terjadi di tahun 2018 lalu dalam laga Buriram melawan Nakhon Ratchasima FC. Ia masuk dari bangku cadangan menggantikan Supachok Sarachat, yang notabenenya adalah kakaknya. halaman 3 dari 3
Tak berlangsung lama, ia kembali mencatat sejarah baru. Dimana ia adalah pencetak gol termuda dengan usia baru menginjak 15 tahun. Tak tanggung-tanggung, ia mencetak dua gol dalam kemenangan 5-0 atas Air Force Central.

Suphanat masih menjadi andalan Timnas U-19 dan U-23 yang akan memainkan banyak agenda penting pada tahun ini dan 2020 mendatang. Seperti SEA Games 2019, Piala Asia U-23 dan juga babak kualifikasi Piala Dunia 2022.


Dalam dua laga babak kualifikasi Piala Asia U-19 2020, Suphanat sudah mencetak total sembilan gol. Setelah mencetak quatrick (empat gol) ke gawang Brunei, Mueanta mengemas lima gol saat bersua Mariana Utara.

Di timnas senior, ia masuk ke dalam skuat Piala AFF 2018 lalu dimana dia mencetak dua gol sepanjang turnamen.

Bukan tak mungkin dirinya akan mengikuti jejak pemain senior Thailand lainnya untuk berkiprah di liga top Asia, seperti di Jepang, China atau Korea Selatan. Namun klub Asia nampak hanya akan menjadi pijakan Suphanat untuk menggapai mimpi bermain di Eropa.
Terakhir diubah:  08/11/19 - 09:52







Berita Terkait


1574814601806

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?