3 Pemain Persija Absen Saat Jamu Persela, Edson Tavares Singgung Brasil Saat Juara Piala Dunia 1962


  •    Rizqi Ariandi
  •    15/11/19 - 14:00
  •    783

Gerry Putra/Bolalob

Persija Jakarta tidak bisa menurunkan skuat utama saat menjamu Persela pada laga tunda pekan ke-22 Liga 1 2019 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Jumat (15/11/2019). Tim Ibu Kota tidak bisa memainkan tiga pemainnya karena alasan beragam.

Tiga pemain Persija yang absen sore nanti antara lain Andritany Ardhiyasa, Feby Eka Putra, dan Ryuji Utomo. Andritany tidak dapat bermain karena bergabung dengan timnas senior yang akan bertanding melawan Malaysia, pekan depan.

Sementara itu, Feby juga absen karena memenuhi tugas negara. Pemain pinjaman dari Bali United tersebut terpilih masuk skuat Timnas U-23 Indonesia di ajang SEA Games Manila yang akan berlangsung dua pekan lagi. Sedangkan Ryuji absen karena menjalani sanksi akumulasi kartu kuning.




Meski tanpa tiga pemain tersebut, pelatih Persija Edson Tavares, tak mau ambil pusing. Secara gamblang, Edson menyebut dirinya tidak suka membahas soal pemain yang absen.

Menurutnya, dalam sepak bola, ada hal lain yang lebih penting dan menarik untuk dibahas daripada persoalan berapa banyak pemain inti yang absen.

"Dengar, saya akan bercerita ke Anda. Di sepak bola kita tak bicara prediksi. Jika kamu jurnalis, kamu harus bertanya tentang teknikal dan taktikal, dan pemain. Jadi kamu bertanya, pemain 'ini' tak main, itu prediksi atau superstisi. 'Sepak bola' adalah soal pertandingan besok pukul 15.30. pertandingan 11 lawan 11. Jika Maradona, Messi, atau Maradona tak main juga bukan utama. Tapi, (sepak bola) adalah 11 lawan 11. Bukan soal tradisi (rekor pertemuan) atau superstisi," kata Edson.

"Satu jurnalis di Makassar bertanya pertanyaan yang sama soal Persija tak pernah menang di Makassar. Itu adalah superstisi. Kami tak pernah menang. Bukan karena masalah hujan atau langit cerah. Oke (hari ini) ada pemain (Persela) yang absen, tapi bukan soal itu harusnya yang dibahas. Brasil bermain di Piala Dunia 1962 tanpa tiga pemain kunci, Pele, Amauri, Vava. Mereka tak main di dua laga terakhir. Semua orang bilang dengan absennya mereka, maka Brasil kalah. Namun, Brasil juara Piala Dunia," katanya menambahkan.




Edson menambahkan, di Persija semua pemain punya potensi yang sama. Siapapun yang dimainkan, harus bisa menunjukkan spirit tinggi untuk meraih kemenangan.

"Persija masuk ke lapangan dengan kondisi membutuhkan posisi yang lebih baik. Kami harus fokus ke pertandingan. Bukan soal pemain 'ini' tak main. Mereka (yang dimainkan) harus berjuang (untuk) menang," tutur mantan pelatih Yokohama FC tersebut.







Berita Terkait


1575543602209

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?