UEFA Rilis Pot Unggulan Euro 2020, Potensi Grup Neraka Akan Tersaji


  •    Robert
  •    21/11/19 - 14:30
  •    1997

UEFA

Sebanyak 20 tim sudah memastikan diri lolos ke putaran final Euro 2020 yang akan dimainkan di 12 kota di 12 negara Eropa tahun depan. Masih ada empat tiket tersisa yang akan diperebutkan tim-tim dalam sistem play-off.

Ke-16 tim tersebut adalah Islandia, Bulgaria, Israel, Hongaria, Rumania, Bosnia-Herzegovina, Slowakia, Republik Irlandia, Irlandia Utara, Skotlandia, Norwegia, Serbia, Georgia, Makedonia Utara, Kosovo, dan Belarus.




Play-off ini terbagi ke dalam empat path atau jalur, yang masing-masing berisikan empat tim dari Liga A, B, C, dan D yang belum lolos ke putaran final Euro 2020. Tiap path memperebutkan satu tiket sehingga akan digelar laga semi-final berformat dua leg dan satu final berformat satu leg. halaman 2 dari 3
Potensi Grup Neraka

UEFA sudah membagi para kontestan ke dalam empat pot. Masing-masing pot berisi enam negara, dinilai berdasarkan hasil di kualifikasi.

Pot 1 diisi 6 tim yang finis sebagai juara grup. Padahal, di ajang kualifikasi, terdapat sepuluh grup. Artinya, 4 juara grup lainnya harus masuk ke pot 2 dengan acuan ranking kualifikasi.

Dari ranking kualifikasi, Inggris (grup A), Belgia (grup I), dan Italia (grup J) sama-sama mengoleksi 21 poin. Poin Belgia dan Italia berkurang karena untuk grup yang dihuni enam tim, perolehan poin melawan tim peringkat keenam tidak dihitung.

Sebaliknya, bagi Inggris yang grupnya dihuni lima tim, semua poinnya tetap diperhitungkan. Ukraina (20 poin/grup B) melengkapi tiga tim tersebut sebagai penghuni pasti pot 1 dalam undian.

Sementara itu, pot 2 dihuni oleh runner-up masing-masing grup. Mereka adalah Prancis, Polandia, Swiss, Kroasia, Belanda, Rusia.

Juara bertahan Piala Eropa 2016 sekaligus kampiun UEFA Nations League, Portugal, menghuni Pot 3 atau 'pot kuda hitam'. Selain Portugal, lima tim lainnya yakni Turki, Denmark, Austria, Swedia, dan Republik Ceko.

Pot 4 baru diisi dua tim, yakni Wales dan Finlandia. Empat tim lainnya masih harus menunggu hasil play-off.

Potensi grup neraka di Euro 2020 pun akan tersaji jika melihat regulasi baru yang dilakukan oleh UEFA. Undian fase grup Euro 2020 akan dilangsungkan pada 30 November 2019 pukul 19:00 EET (24:00 WIB) di Romexpo, Bukares, Rumania.

Bakal ada satu undian lagi pada untuk menempatkan empat tim tersisa yang lolos lewat jalur play-off ke dalam grup. Undian ini akan dilangsungkan pada 1 April 2020 selepas babak play-off berakhir. halaman 3 dari 3
Berikut Pembagian Pot Euro 2020:



Pot 1: Belgia, Italia, Inggris, Jerman, Spanyol, Ukraina

Pot 2: Prancis, Polandia, Swiss, Kroasia, Belanda, Rusia

Pot 3: Portugal, Turki, Denmark, Austria, Swedia, Republik Ceko

Pot 4: Wales, Finlandia, empat negara pemenang play-off







Berita Terkait


1578828602119

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?