Kalahkan STIE BP, Perbanas Juarai LIMA Futsal Nationals 2019


  •    Dwi Anggoro
  •    07/12/19 - 08:06
  •    526

LIMA

Tim debutan, Institut Perbanas Jakarta, berhasil menjuarai turnamen LIMA Futsal Nationals Season 7 setelah mengalahkan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bhakti Pembangunan (STIE BP) Jakarta pada babak grand final. Pertandingan puncak yang digelar di Sport Center UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang pada Jumat (6/12) ini berakhir dengan skor 7-4 yang diwarnai kebangkitan Perbanas yang mengesankan.

STIE BP melaju ke grand final setelah menundukkan Universitas Islam ’45 (Unisma) Bekasi dengan skor 4-3. Perbanas melangkah ke grand final setelah mengalahkan Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta dengan skor 4-1. STIE BP dan Perbanas pernah bertemu pada final LIMA Futsal: Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference Season 7. Pada laga tersebut, STIE BP mampu menjadi juara dengan meraih kemenangan 3-2.

STIE BP unggul terlebih dahulu pada menit kelima lewat Syaikora Zein. Tembakan keras Fajir Muhammad Marshush gagal diantisipasi dengan baik oleh kiper Perbanas, Kandy Junito, sehingga Syaikora Zein dapat memanfaatkan bola pantulan tersebut. Syaikora Zein, berhasil mencetak gol keduanya di pertandingan ini pada menit ke-12 setelah mendapatkan assist Fajir Muhammad Marshush dari sepak pojok.


halaman 2 dari 3
Baca selengkapnya Selengkapnya  
Berselang satu menit, pemain STIE BP, Adriel Abisha Tarigan, dapat menyarangkan bola ke gawang Perbanas lewat sepakan mendatar ke sudut gawang Perbanas. Perbanas berusaha untuk mengejar keunggulan lawan. Akan tetapi, STIE BP bermain menekan sampai ke daerah lawan sehingga Perbanas berkesulitan menciptakan peluang. Pada menit ke-19, Perbanas mengubah taktik mereka dengan menerapkan power play. Alhasil, pada menit terakhir babak pertama, Rizky Suhada Lubis mampu mencetak dua gol untuk Perbanas. Skor 3-2 untuk keunggulan STIE BP pada akhir babak pertama.

Perbanas berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-24. Pemain bernomor punggung 13, Luthfi Fathul Khair, menceploskan bola ke gawang STIE BP setelah melakukan kerja sama dengan Muh. Syahril. Muh. Syahril mampu membuat Perbanas berbalik unggul pada menit ke-26 lewat tembakan keras mengarah ke gawang STIE BP. Berselang tiga menit, Muh. Syahril mencetak gol keduanya pada pertandingan ini setelah mendapatkan umpan dari sang kapten, Muhammad Farhan Fuadi.

Pada menit ke-32, STIE BP menggunakan taktik power play untuk mengejar keunggulan lawan. Alhasil, pada menit ke-33, Ari Fazria, mampu mencetak gol untuk STIE BP.

STIE BP tetap mempertahankan taktik power play. Akan tetapi, pada menit ke-36, Perbanas mampu menambah keunggulan lewat tembakan jarak jauh Muh. Syahril ke gawang yang ditinggal kiper. Ini merupakan gol ketiga Muh. Syahril di pertandingan ini. Perbanas mendominasi pertandingan dengan kembali menambah keunggulan pada menit ke-39 lewat Georgesenico Lefrans Gerson Piri. Skor akhir 7-4 untuk kemenangan Perbanas.
halaman 3 dari 3
Baca selengkapnya Selengkapnya  
Pelatih Perbanas, Vennard Vonarza Victor H, mengakui sangat mengapresiasi perjuangan para pemain di pertandingan grand final ini. “Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada para pemain karena telah berjuang maksimal di pertandingan grand final ini sehingga kami meraih gelar juara LIMA Futsal Nationals Season 7. Saya berterima kasih kepada LIMA karena telah mengadakan turnamen futsal yang besar sehingga kami mendapatkan kesempatan untuk berlaga dan akhirnya menjadi juara di turnamen musim ini. Kami mengalami kekalahan pada pertemuan pertama kami dari STIE BP di final conference. Hal tersebut menjadi motivasi para pemain untuk dapat memenangi pertandingan,” ucapnya.

“Kami mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa musim ini. LIMA merupakan kompetisi antarmahasiswa yang sangat bagus dalam hal peraturan yang ketat sehingga para pemain mendapatkan pelajaran agar menjadi student athlete yang profesional. Kami berharap untuk kembali mengikuti turnamen LIMA Futsal musim depan,” tambahnya.

Ofisial STIE Bhakti Pembangunan, Ganang Subekti, mengatakan, “Alhamdulillah dalam tiga tahun ini kami mampu menunjukkan peningkatan performa di LIMA Futsal. Kami sempat unggul pada babak pertama. Namun, dua gol cepat Perbanas di pengujung babak pertama membuat mental para pemain turun sehingga kami mengalami kekalahan atas Perbanas di partai puncak ini. Kami berharap para pemain dapat lebih disiplin dan mendapatkan pelajaran di musim ini.”

Dengan hasil ini, Perbanas, yang berstatus tim debutan LIMA Futsal musim ini, berhasil menjadi juara di LIMA Futsal Nationals Season 7. STIE Bhakti Pembangunan kembali menduduki posisi runner-up untuk kedua kalinya secara berturut-turut. Pada musim lalu, mereka juga finis di posisi runner-up LIMA Futsal Nationals.


Vamos FC Mataram (3) vs (4) My Futsal FKM - Highlights Bolalob FFI U-20 2019






Video Trending



Berita Terkait


1575514547857

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?