Liga Inggris Dapat Kritikan karena VAR


  •    Gerry Putra
  •    31/12/19 - 12:00
  •    866

Liga Inggris Dapat Kritikan karena VAR
AFP

Liga Primer Inggris dikritik tak bisa menggunakan Video Assistant Referee (VAR) dengan tepat. Masalah VAR terus mendapat kecaman dari publik sepak bola Inggris.

VAR dianggap menjadi bintang pertandingan pada pekan ke-20, yang digelar Sabtu dan Minggu, 28-29 Desember 2019. Setidaknya ada lima gol yang dibatalkan oleh teknologi canggih tersebut.

Wolverhampton Wanderers, Crystal Palace, Norwich City, Brighton & Hove Albion, dan Sheffield United, menjadi korban VAR. Dan yang menjadi sorotan adalah soal penggunaan VAR untuk pengecekan offside.

Baca Juga :


Saat ini, VAR sering menganulir gol karena offside yang terbilang tipis. Bahkan satu jengkal lengan atau anggota tubuh lainnya yang tipis terkena garis offside pun menjadi penggagal gol.

International Football Association Board (IFAB), asosiasi pembuat hukum di sepak bola, menilai VAR seharusnya tidak digunakan untuk mencari sesuatu yang sulit diteliti.

Sekjen IFAP, Lukas Brud menegaskan, prinsip kejelasan pandangan mata harus diutamakan dalam penggunaan teknologi tersebut.

"Jelas dan mudah terlihat itu harus ada, ini prinsip penting. Seharusnya tidak ada banyak waktu yang dihabiskan untuk menemukan sesuatu yang tipis," kata Lukas Brud kepada AP.

"Jika ada sesuatu yang tidak jelas pada pandangan pertama, maka ya itu tidak jelas dan tidak boleh dipertimbangkan,"

"Melihat pada satu angle kamera adalah satu hal, tetapi melihat pada 15, mencoba menemukan sesuatu yang mungkin tidak ada, ini bukan ide prinsip VAR. Itu harus jelas dan mudah terlihat," tuturnya.






Video Trending



Berita Terkait


1600560601425

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?