Tahapan Cara Aji Santoso Bawa Persebaya Finis Sebagai Runner Up Liga 1 2019


  •    Kukuh Wahyudi
  •    31/12/19 - 18:00
  •    659

Persebaya finis sebagai runner up di Liga 1 2019. (Persebaya)

Aji Santoso mungkin tak sefenomenal Jacksen F. Tiago bersama Persipura atau pun Edson Tavares di Persija dan Nil Maizar di Persela. Ketiga nama itu berhasil mengangkat prestasi tim yang rawan terdegradasi menjadi papan tengah bahkan papan atas di Liga 1 2019.

Meski begitu, Aji sangat layak diapresiasi. Eks bek kiri timnas era 1990-an itu datang ke Persebaya saat grafik tim sedang menurun. Sempat nangkring di urutan keempat atau lima tapi harus terjun ke posisi kesembilan.

Namun, kedatangannya tak langsung memberikan keajaiban. Peringkat tim sempat tak beranjak dari papan tengah sebelum akhirnya finis diperingat kedua pada akhir musim.




"Pertama kali saya kumpulkan beberapa pemain, saya tanya ada masalah apa. Mereka akhirnya bicara dan kami cari solusinya. Kami sepakat bangun tim dengan semangat baru," kata Aji di situs resmi Liga 1.

Tahapan kedua yaitu mengubah cara bermain Persebaya. Aji menginstruksikan agar Ruben Sanadi dkk. main sesuai karakter Surabaya.

"Apalagi saya, coach Bejo (Sugiantoro) dan coach Uston (Nawawi) kan mantan pemain di sini juga. Jadi, kami tahu seperti apa karakter dari tim ini seperti apa," tutur mantan kapten Persebaya itu.

Ketiga, Aji Santoso mengembalikan mental bertanding pemain. 

halaman 2 dari 2







Berita Terkait


1582003802386

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?