Siapa Quique Setien? Ini Fakta Pelatih Baru Barcelona


  •    Adil Pradipta
  •    14/01/20 - 18:00
  •    1.494

Siapa Quique Setien? Ini Fakta Pelatih Baru Barcelona
FC Barcelona

Tidak ada yang kaget ketika Barcelona mengumumkan perpisahan dengan Ernesto Valverde. Tapi munculnya nama Quique Setien sebagai pengganti membuat banyak pihak mengernyitkan dahi; siapa dia?

Barcelona resmi memecat Valverde pada Selasa (14/1) beberapa hari usai kandas di semifinal Piala Super Spanyol. Tanpa menunggu lama Blaugrana menunjuk Setien sebagai pengganti. Keputusan ini sekaligus menepis rumor kedatangan Xavi Hernandez.

Setien punya pengalaman melatih selama 19 tahun yang lebih banyak dihabiskan menangani tim-tim medioker Spanyol. Ini catatannya sejak 2001: Racing Santander, Poli Ejido, Logrones, CD Lugo, Las Palmas, dan Real Betis. Dia juga pernah dipercaya sebagai juru taktik timnas Guinea Khatulistiwa.

Berkutat di divisi kedua dan ketiga Spanyol, Setien pernah membawa Racing Santander promosi ke LaLiga pada 2002, serta Lugo naik kasta ke Segunda (divisi dua) di 2013. Dalam dua keberhasilan itu pun bukan sebagai juara liga.




Semasa masih aktif bermain sebagai gelandang, Setien berkarier dari tahun 1977 sampai 1996 membela lima klub. Terhitung masa baktinya paling lama bersama Racing Santander selama 12 musim dalam dua periode berbeda. Dia juga pernah tiga musim berbaju Atletico Madrid.

Setien tidak punya hubungan kerja apa pun dengan Barcelona atau Catalonia. Tapi pria kelahiran Santander, daerah otonomi Cantabria, ini memang mengakui penggemar filosofi permainan sepak bola Johan Cruyff. Sepak bola yang ditampilkan dengan mendominasi penguasaan bola dan pemanfaatan ruang dalam lapangan.

Eks pelatih Real Betis yang dikontrak Barcelona sampai 30 Juni 2022 ini senang betul ketika diundang Pep Guardiola (sewaktu melatih Barcelona) melihat latihan tim. Setien dibuat kagum oleh Lionel Messi dan kolega.

"Suatu hari, diundang oleh Guardiola, saya mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan Messi dari tepi lapangan. Saya menemuinya dan memintanya untuk bermain hingga saya 60 tahun, minimal sampai saya mati," ungkap Setien seperti dilansir Marca.

Akhirnya mimpi Setien terwujud. Sosok berusia 61 tahun ini mendapat kesempatannya mengabdi di Camp Nou.







Video Trending



Berita Terkait


1594170001774

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?