Shin Tae Yong Bicara Tekanan Melatih Timnas Indonesia dan Siapkan Kejutan untuk Thailand dan Vietnam


  •    Robert
  •    07/02/20 - 15:00
  •    3848

Kompas

Shin Tae Yong mengakui ada tekanan besar saat dirinya menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia yang baru, karena besarnya kecintaan dan fanatisme masyarakat Indonesia akan sepakbola.

Bukan hanya timnas senior, Shin Tae-yong juga akan memiliki banyak tugas di usia junior, seperti timnas U-23, timnas U-19 hingga timnas U-16.

"Ini beban. Saya belum pernah memainkan turnamen atau pertandingan saat ini, jadi reaksi para penggemar terhadap saya bagus. Saya khawatir tentang bagaimana reaksinya akan didasarkan pada hasil pertandingan," ujar Shin dalam wawancaranya kepada Sportalkorea.com.

Jadwal terdekat Indonesia di kancah internasional adalah pada bulan Maret mendatang, yakni di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Indonesia akan berjumpa dengan Thailand di Bangkok (26/3) dan menjamu Uni Emirat Arab lima hari berselang.

Dengan sudah menelan lima kekalahan awal, peluang Indonesia untuk melaju ke babak selanjutnya pun sirna. Namun Shin menargetkan untuk bisa mencuri enam atau tujuh poin dari tiga laga tersisa.

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini pun ingin menyulitkan jalan Thailand dan Vietnam di sisa laga fase grup.

"Mungkin tim yang terjebak oleh tim kami akan melewatkan babak final. Kedua tim akan berpikir bahwa Indonesia bisa menang sejauh ini, tetapi tiba-tiba manajer berubah dan dia akan waspada. Mungkin kedua tim harus waspada terhadap Indonesia," ujar Shin.


halaman 2 dari 2
Shin Tae Yong berencana akan memanggil sebanyak 34 pemain di pemusatan latihan perdana Timnas senior pada bulan ini. Ia berharap memiliki gambaran akan kemampuan para pemain Indonesia dan mengerucutkannya hingga 25 pemain di bulan Maret.

"Kali ini, kami akan mengadakan latihan bersama tim senior selama seminggu untuk mengidentifikasi 34 atau 35 pemain. Ini akan menjadi 25 atau 26 orang di bulan Maret," ujar Shin.

"Kami masih memiliki pertandingan melawan Thailand, UEA, dan Vietnam, Saya benar-benar percaya bisa meraih poin. Saya tidak memiliki satu poin saat ini, tetapi saya ingin menunjukkan kepada penggemar sepak bola Indonesia bahwa 'sepak bola adalah ini'," papar Shin.

Selain mendongkrak posisi Timnas di rangking dunia, target besar Shin lainnya adalah membawa timnas U-19 Indonesia tampil baik pada Piala Dunia U-20 2021 di mana Indonesia bakal bertindak sebagai tuan rumah.







Berita Terkait


1582545601563

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?