Demi Mengimplementasikan VAR di Liga 1 2021, PSSI Terus Bergerak


  •    Kukuh Wahyudi
  •    19/02/20 - 20:30
  •    830

PSSI tengah bergerak untuk mengimplementasikan VAR di Liga 1 2021. (PSSI)

Demi menggunakan teknologi Video Assist Referee (VAR) pada Liga 1 2021, PSSI terus bergerak untuk memenuhi aspek-aspek yang dibutuhkan. 

“Kami berharap persiapan bisa berjalan dengan lancar sehingga teknologi VAR bisa kami implementasikan pada kompetisi Liga 1 musim 2021. Implementasi VAR adalah salah satu upaya PSSI untuk meningkatkan kualitas kompetisi. Muaranya adalah kemajuan sepak bola Indonesia," kata Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri saat membuka "VAR Kick Of Meeting" di Jakarta, Rabu (19/2).

Salah satu unsur yang harus disiapkan adalah SDM (Sumber Daya Manuasia), yaitu para wasit. "Kami akan dorong lebih banyak wasit-wasit kita untuk bisa mendapatkan lisensi AFC dan FIFA," ujarnya melanjutkan.




Dalam proses merealisasikan penggunaan VAR, yang utama memang harus dimulai dari melatih SDM lebih dulu serta berlanjut ke penerapan teknologi, survey stadion, sampai time plan menuju 2021.

Dalam tahapan implementasi VAR, PSSI akan melewati enam tahapan besar yakni, perencanaan, persiapan, offlineline (non competition), persetujuan, dan live competition.

Sebelumnya, pada bulan Juli lalu, PSSI telah berkunjung ke Thailand dan dibantu Federasi Sepak bola Thailand (FAT) untuk mengobservasi semua hal terkait implementasi VAR di Thai League 1.






Video Trending



Berita Terkait


1586329202544

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?