Inilah Tahapan dalam Menerapkan VAR di Liga 1 2021


  •    Kukuh Wahyudi
  •    20/02/20 - 06:00
  •    1378

Acara VAR kick of Meeting. (PSSI)

PSSI memiliki target pada 2021 sudah mampu mengimplentasikan Video Assist Referee (VAR). Kini, mereka terus bergetrak. 

Terbaru, PSSI menggelar forum bertajuk VAR Kick Of Meeting sebagai langkah lanjutan dalam proses yang tengah berlangsung. Di forum itu, PSSI mendapatkan atensi dari IFAB dan FIFA.

IFAB merupakan badan yang memiliki otorisasi penerapan VAR dalam Law of The Game. Sebelum FIFA menyetujui penerapan VAR, IFAB harus lebih dulu memberikan persetujuan.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria menjelaskan, VAR kick of Meeting membahas teknis dan pathway implementasi VAR di 2021. Persiapan akan dimulai dari training SDM, penerapan teknologi, survey stadion, sampai time plan menuju 2021.




Sementara itu, sebelum menuju Liga 1 2021, PSSI harus melewati enam tahapan besar, yakni perencanaan, persiapan, offline, line (non competition), persetujuan, dan live competition.

Dari sisi prosedur, dari perencanaan hingga persetujuan dari IFAB dan FIFA membutuhkan 9-12 bulan. Ada lima tahapan prosedur yang bakal dilalui dalam durasi tersebut.

Tahap pertama adalah Initial consideration yang saat ini sedang terjadi antara IFAB dan PSSI sekitar (1,5-3 bulan). Tahap kedua adalah VAR agreement (1-2 bulan), tahap ketiga Preparation and Training (6 bulan), tahap keempat yaitu approval (1 bulan), dan tahap kelima adalah monitoring.








Berita Terkait


1585573801958

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?