Ada Dua Korporasi Pemilik Hak Siar Liga 1 2020, Salah Satunya Beri Penjelasan


  •    Kukuh Wahyudi
  •    25/02/20 - 07:00
  •    2376

Ada dua korporasi yang mengklaim memiliki hak siar Liga 1 2020. (Bolalob/Kukuh Wahyudi)

Ada yang unik dalam perjalanan menuju Liga 1 2020. Pasalnya, beberapa pekan sebelum bergulir, ada dua korporasi yang mengklaim mendapatkan hak siar kompetisi sepak bola tertinggi Tanah Air itu.

Pertama adalah PT Elang Mahkota Teknologi Tbk atau EMTEK melalui anak usahanya Surya Citra Media (SCM). Mereka telah mengumumkan kembali menjadi Official Broadcaster Liga 1 2020 pada awal Februari.

Direktur Programming SCM, Harsiwi Achmad, menegaskan pihak EMTEK adalah pemilik hak siar Free To Air (FTA) dan jalur Over-The-Top (OTT).

Namun pada pertengahan Februari, korporasi kedua, MNC Vision Networks mengumumkan bahwa mereka pun mendapatkan hak siar untuk 306 laga. Mereka menyiarkannya melalui MNC Vision, K-Vision, MNC Play dan Vision+.

Kendati begitu, Harsiwi memastikan bahwa hak ekslusif penayangan Liga 1 2020 tetap berada dipihaknya.


halaman 2 dari 3


"Sekali lagi, kami mendapatkan hak siar eksklusif Liga 1 untuk FTA (free to air) kemudian juga eksklusif untuk Over-The-Top (OTT), yaitu melalui Vidio (Vidio.com). Jadi, program-programnya akan disiarkan melalui Indosiar serta O Channel dan OTT-nya di Vidio," kata Harsiwi kepada wartawan di Jakarta, Senin (24/2/2020).

Terkait hak siar yang didapat MNC, ia tak tahu menahu. "Saya tidak mempelajari kontrak di pihak sana. Namun, di kontrak kami memang mendapatkan hak eksklusif untuk FTA dan OTT. Itu eksklusif, jadi siapapun yang menayangkan, harus mendapatkan izin dari kami," tutur Harsiwi melanjutkan.

Lantas, apakah MNC bakal mengambil tayangan dari Vidio.com?

“Sampai sejauh ini belum dibicarakan. Namun, kalau memang harus mengambil dari Vidio juga sekaligus Internet Protocol television (IPTV) yang kami mendapatkan hak tidak ekslusif. Siapa pun yang mengambil dari IPTV itu harus dari platform di Vidio. Kontraknya panjang,” ucap Harsiwi lagi.

halaman 3 dari 3
Terakhir diubah:  25/02/20 - 09:16







Berita Terkait


1585823402227

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?