Apparel Lokal Mendominasi Liga 1 Musim 2020


  •    Robert
  •    04/03/20 - 15:00
  •    1.641

Apparel Lokal Mendominasi Liga 1 Musim 2020
Bolalob

Musim baru kompetisi sepakbola tertinggi di Indonesia akan bergulir akhir pekan ini dan akan menjadi tahun keempat liga profesional tanah air sejak melakukan rebrand menjadi Liga 1.

Sebanyak 18 klub akan saling beradu untuk menjadi yang terbaik dan merengkuh gelar juara, yang diraih oleh Bali United pada musim lalu.

Tiap tim melakukan pembenahan, mulai dari segi menajemen, pelatih, pemain hingga sektor non teknis lainnya seperti jersey.

Banyak klub sudah melirik penjualan jersey akan menjadi pemasukan tetap mereka untuk memutar roda keuangan tiap klub dan tentunya bisa diandalkan.

Seperti yang dilakukan oleh Bali United sejak musim 2017 lalu, dengan memproduksi jersey secara mandiri tanpa bantuan sponsor apparel.

Mereka menaruh setidaknya 30 sponsor pada jersey terbaru Serdadu Tridatu. Ejekan jersey seperti koran pun tak mempengaruhi manajemen Bali United.

“Dengan jersey “koran” seperti ini, industri sepak bola bisa maju. Kalau tidak ada sponsor, kan susah. Bagaimana bisnis sepak bola bisa maju?” ujar Direktur Marketing dan Bisnis Bali United Putri Paramita Sudali.


halaman 2 dari 3
Klub dengan basis suporter besar seperti Persija Jakarta pun mengikuti langkah Bali United. Macam Kemayoran tak lagi disponsori oleh Specs, dan mereka memilih untuk mengembangkan apparel mandiri dengan nama Juara.

Manajemen Persija membanderol jersey anyar mereka dengan nilai mencapai Rp 700 ribu. Sebuah harga yang cukup tinggi untuk klub debutan dengan apparel mandiri. Sebagai catatan musim lalu bersama dengan Specs, Persija bisa menjual hingga 17 ribu jersey untuk semusim.

"Bersama apparel terdahulu, kami berhasil menjual sekitar 17 ribu buah. Dengan yang sekarang, kami menargetkan bisa di atas itu," kata Direktur Marketing dan Bisnis Persija Jakarta Andhika Suksmana.

Musim ini tercatat hanya ada satu tim yang bekerja sama dengan apparel dari luar negeri, yakni PSM Makassar. Merk asal Inggris, Umbro akan menjalani musim ketiganya bersama Juku Eja.

Persebaya mulai memunculkan merk dagang pemilik klub yakni Azrul Ananda dengan AZA.

Brand asal Bogor, MBB memiliki tiga klub padan musim ini yaitu Persik Kediri, Persiraja Banda Aceh dan Madura United. Selain itu Tira Persikabo beralih dari MBB ke DJ Sport.

Persib Bandung yang memerkan banyak sponsor pada jerseynya, juga masih bersama unit bisnisnya yakni Sportama. halaman 3 dari 3
Terakhir diubah:  09/03/20 - 14:27






Video Trending



Berita Terkait


1594706401850

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?