Untuk Pertama Kalinya Kompetisi Futsal Gunakan Perangkat 'VAR'


  •    Rissalah Maulana
  •    06/03/20 - 15:16
  •    385

Untuk Pertama Kalinya Kompetisi Futsal Gunakan Perangkat 'VAR'
istimewa

Video Asisstant Referee (VAR) telah menjadi salah satu perangkat baru untuk membantu wasit di laga sepakbola dunia dua tahun belakangan yang banyak menimbulkan pro dan kontra.

Masih ramai menjadi perdebatan, teknologi sejenis VAR juga sudah digunakan di futsal. Rencana federasi futsal Spanyol untuk menerapkan VAR akhirnya terwujud di babak semifinal piala Liga Spanyol pada Kamis (5/3) waktu setempat.

Laga semifinal Piala Liga Futsal Spanyol mempertemukan antara Inter Movistar kontra Palma, dan Jaen Paraiso menghadapi Valdepenas. Komite Teknis Asosiasi Sepakbola Spanyol (CT RFEF) memilih menamai alat pembantu wasit ini dengan nama Teknologi Pendukung (ST) daripada VAR.


halaman 2 dari 2
Hampir sama seperti sepakbola, ada lima kejadian yang bisa melibatkan VAR di futsal menurut komite teknis RFEF yaitu Gol/Tidak gol, Penalti/tidak penalti, potensi kartu merah, kesalahan identitas dan momen insiden.

Sehari sebelum laga, pemain dari keempat tim semifinalis diberi pengarahan dalam penggunaan VAR di futsal ini.

Dalam dua laga semifinal tersebut, tak banyak momen di mana wasit harus menggunakan VAR. Namun pelatih Inter Movistar sempat meminta wasit memeriksa potensi penalti kala pemainnya dilanggar di depan gawang lawan. Sayang wasit menilai kejadian tersebut tidak berbuah penalti untuk Inter.

Inter sendiri sukses memenangi laga dengan skor tipis 1-0 dan akan berhadapan dengan Valdepenas yang juga sukses mengalahkan Jaen dengan satu gol.



Best 5 Goals pekan 5 Group A | Pro Futsal League 2020







Video Trending



Berita Terkait


1593339107887

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?