Piala Dunia Futsal 2020 Berpotensi Gunakan Teknologi 'VAR'


  •    Rissalah Maulana
  •    06/03/20 - 16:50
  •    545

Piala Dunia Futsal 2020 Berpotensi Gunakan Teknologi 'VAR'
istimewa/gustavomunana

Video Asisstant Referee (VAR) untuk pertama kalinya digunakan di ajang semifinal Piala Liga Futsal Spanyol 2020 pada 5 Maret lalu.

Meski tak berperan banyak dalam pengambilan keputusan di laga tersebut, VAR yang dikembangkan oleh komite teknis asosiasi sepakbola spanyol ini ternyata telah mendapatkan persetujuan dari FIFA.

Hampir sama seperti sepakbola, ada lima kejadian yang bisa melibatkan VAR di futsal menurut komite teknis RFEF yaitu Gol/Tidak gol, Penalti/tidak penalti, potensi kartu merah, kesalahan identitas dan momen insiden.

Baca Juga :
halaman 2 dari 3
Meski begitu wasit tidak harus menunggu VAR untuk memberi keputusan. Namun jika ada kejadian yang harus direview menggunakan VAR, maka setelahnya menjadi keputusan wasit untuk mengubah apa yang telah dia nilai.

Menurut jurnalis futsal asal Spanyol, Gustavo Munana, penggunaan VAR yang disebut Supporting Technology (ST) ini selain telah diakui FIFA, juga diujicoba di piala Liga Futsal Spanyol sebagai sarana uji coba untuk digunakan pada Piala Dunia Futsal 2020 mendatang di Lithuania.

Piala Dunia Futsal 2020 digelar pada 12 September - 4 Oktober mendatang dengan diikuti oleh 24 tim peserta.

Inter sendiri sukses memenangi laga dengan skor tipis 1-0 dan akan berhadapan dengan Valdepenas di final yang juga sukses mengalahkan Jaen dengan satu gol.

Baca Juga :
halaman 3 dari 3


Best 5 Goal pekan 2 Group A | Pro Futsal League 2020






Video Trending



Berita Terkait


1614569402059

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?