Kisah Bek Muda Rekrutan Baru Persija, Dipuji oleh Fakhri Husaini Tapi Dicoret Shin Tae-yong


  •    Kukuh Wahyudi
  •    16/03/20 - 15:00
  •    18842

Salman Alfarid, masuk proyeksi jangka panjang Persija. (Bolalob/Kukuh Wahyudi)

Bek muda jebolan timnas U-19 era Fakhri Husaini dikontrak Persija untuk target jangka panjang. Adalah Salman Alfarid sosok yang dimaksud.

Pemain yang kini masih berstatus sebagai siswa Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan itu dikontrak selama tiga tahun. Ia diproyeksikan mengisi skuad Persija senior saat performanya sudah matang. 

Secara reputasi, Persija tak salah mengambil bek berusia 18 tahun itu. Salman memiliki potensi untuk menjadi salah satu bek masa depan Indonesia. Setidaknya, hal itu yang ada dipikiran Fakhri Husaini.

Pelatih asal Aceh tersebut mengatakan bahwa Salman adalah salah satu pemain terbaik yang dimilikinya. Bahkan, di beberapa pertandingan, ia mengatakan Salman menjadi salah satu pemain kunci dalam perjuangan timnya meraih kemenangan.

Layaknya bek sayap modern, penyuka film action dan komedi itu tak hanya kukuh dalam bertahan. Tapi, ia piawai dalam membantu serangan. Di Piala AFF U-18 2019, Salman menunjukkan ketajamannya dengan mencetak gol dari luar kotak penalti.

halaman 2 dari 2


Namun, saat timnas U-19 berganti pelatih, Salman dinilai tak menonjol. Shin Tae-yong, suksesor Fakhri, tak menyertakan nama Salman dalam pelatnas ke Thailand pada periode Januari-Februari 2020. Artinya, Salman tercoret dalam seleksi timnas U-19 era Shin kala itu.

Kondisi ini pun mendapat perhatian dari Fakhri. Ia mengaku kaget lantaran Salman tercoret.

“Buat saya, punya pemain seperti Salman terasa punya tiga pemain. Dia bisa jadi stoper, bek kiri, dan bisa main di gelandang bertahan. Jadi saya agak heran kalau dia tak masuk tim. Tapi kondisi ini wajar karena beda pelatih kan pasti beda kebutuhan,” tutur Fakhri kepada Bolalob beberapa waktu lalu.

Di satu sisi, Salman pun telah siap ada di posisi tersebut. “Mungkin tidak masuk ke dalam timnas U-19 ke Thailand membuat saja jadi bisa fokus ke ujian sekolah. Ambil hikmahnya saja,” ucapnya di kesempatan terpisah.

Sementara itu, terlepas dari dinamika timnas U-19, saat ini Salman mengaku bakal fokus memberikan yang terbaik untuk Persija, meski di tim juniornya. 

“Siapa yang tidak bangga pakai kostum Persija? tim ini adalah impian saya sejak kecil dan terima kasih karena manajemen telah mengontrak saya. Sekarang saya main di tim junior dahulu, semoga saat-saat mendatang bisa masuk ke tim senior dan bermain di hadapan Jakmania,” katanya.

Terakhir diubah:  18/03/20 - 09:33







Berita Terkait


1583409601967

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?