Malaysia Diminta Tiru Indonesia Soal Pemotongan Gaji Pemain


  •    Robert
  •    01/04/20 - 20:00
  •    1624

Malay Mail

Pandemi virus corona memaksa musim sepakbola harus terheti di seluruh dunia, termasuk di kawasan Asia.

Tak adanya pertandingan memaksa klub-klub mencari cara untuk menekan biaya mereka musim ini, salah satunya dengan melakukan pemotongan gaji para pemainnya.

Liga 1 Indonesia yang baru masuk pekan ketiga juga terpaksa harus ditunda. PSSI langsung memutuskan kalau klub-klub boleh membayarkan gaji pemain maksimal 25 persen untuk periode Maret-April-Mei karena penundaan kompetisi.

Ternyata langkah ini mendapat pujian dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), yang meminta Malaysia untuk meniru Indonesia dalam penerapan skema pembayaran gaji pemainnya.

“Banyak tim mungkin bermasalah dengan finansial agar tetap bisa bertahan di tengah kesulitan mendapatkan pemasukan, baik itu dari tiket, sponsorship, maupun dukungan pemerintah. Klub mungkin kesulitan untuk memenuhi kesepakatan kontrak dibandingkan saat situasi normal,” bilang Sekjen konfederasi sepakbola Asia (AFC) Datok Windsor John, dikutip Goal Malaysia.


halaman 2 dari 3
Perdebatan masih berlangsung antara asosiasi pemain, klub dan federasi sepakbola Malaysia (FAM) mengenai pemotongan gaji ditengah pandemi COVID-19.

“Di tengah masa krisis ini, yang dibutuhkan adalah jiwa besar. Ini momen yang tetap bagi setiap orang untuk melihat gambaran lebih besar. AFC selalu mendorong anggota dan pemain untuk memahami situasi sekarang,” papar dia.

“Dalam konteks di Malaysia, AFC mendesak klub dan perwakilan pemain untuk mencari cara penyelesaian yang tepat, seperti yang dilakukan PSSI. PSSI duduk bersama seluruh stakeholders, dan mendapatkan solusi yang disepakati,” sambung Windsor.

AFC sendiri, lanjut dia, mendukung keputusan yang dibuat pada masa krisis. “Tapi kami tak ingin klub memutus kontrak pemain. Tapi kami juga tidak bisa memaksa klub membayar penuh gaji pemain di saat tak ada pemasukan. Sebaiknya bicara dengan klub, dan pertimbangkan apa yang mereka tawarkan,” tutup dia. halaman 3 dari 3
Terakhir diubah:  01/04/20 - 20:25





Video Trending



Berita Terkait


1591356001958

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?