7 Pemain Muda Indonesia Yang Paling Berharga


  •    Robert
  •    05/04/20 - 18:10
  •    6187

Bolalob

Sejak regulasi pemain U-23 diberlakukan pada tahun 2017 lalu, kontestan Liga 1 mempercayakan skuat mereka dengan banyak pemain muda. Label pemain Timnas Indonesia U-19 dan U-23 pun mulai menjadi starter di tim, dan mereka juga bisa bersaing dengan pemain senior lainnya.

Penampilan apik mereka membuat nilai jual semakin tinggi, kami merangkum tujuh pemain muda dibawah usia 21 tahun yang memiliki nilai pasar tertinggi di Liga 1 melalui data dari Transfermarkt. Berikut hasilnya:

1. Osvaldo Haay (Persija Jakarta)

Market Value: Rp 5.3 miliar

Usia: 21 Tahun

Posisi: Winger



Usai tampil apik di SEA Games 2019 Manila, Osvaldo Haay pun memutuskan pindah dari Persebaya Surabaya ke klub besar lainnya Persija Jakarta musim ini.Kiprah Osvaldo sepanjang 2019 cukup gemilang, baik bersama Persebaya maupun Timnas Indonesia. Dari 20 kali penampilannya bersama Persebaya musim ini, ia mencatatkan enam gol dan total 16 gol buat Bajul Ijo dari 41 laga selama dua musim.

Selain menjadi top skor SEA Games 2019, ia juga ikut andil mengantar Garuda Muda lolos ke final meski dikalahkan Vietnam 0-3 di final.

2. Rizky Eka Pratama (PSM Makassar)

Market Value: Rp 4.8 miliar

Usia: 20 Tahun

Posisi: Winger



Pemuda asal Bone ini tampil apik pada musim lalu setelah mendapat kepercayaan dari pelatih Dejan Kalezic. Rizky Eka sukses tercatat tampil di 22 laga dengan mengantongi satu gol bersama skuat Pasukan Ramang di semua ajang.

Debut Rizky di Liga 1 terjadi saat saat PSM menghadapi Persib Bandung dalam lanjutan pekan 15 Liga 1, di Stadion Mattoanging Makassar, Minggu (18/8/2019). Ia menjadi pemain pengganti di menit ke-89 untuk menggantikan M Rahmat. Meski hanya tampil beberapa menit, dan terkesan singkat, Rizky cukup mendapat apresiasi. halaman 2 dari 3
3. Dandi Maulana (Barito Putera)

Market Value: Rp 4.4 miliar

Usia: 21 Tahun

Posisi: Bek Tengah



Bakatnya diendus oleh pelatih Mundari Karya dan ia memperkuat Timnas Indonesia U-16, kemudian berlanjut ke menimba ilmu di program pengembangan sepak bola usia muda asal Malaysia, Frenz United. Sejak tahun 2016 ia menjadi anggota skuat Barito Putera U-21, lalu sempat berlabuh di Persija Jakarta, lalu kembali lagi ke Barito Putera.

Total 73 laga di Liga 1 telah ia mainkan bersama Barito dengan mencetak enam gol. Sebuah menit yang impresif tentunya untuk pemain di usianya.

4. Fredyan Wahyu (PSIS Semarang)

Market Value: Rp 3.9 miliar

Usia: 21 Tahun

Posisi: Gelandang/Bek Sayap



Pemain asal Boyolali ini sempat masuk ke tim junior Persis Solo sebelum bergabung dengan PS TNI U-21 yang menjadi juara Liga Super Indonesia U-21 2016. Penampilan apiknya bersama PSMS Medan di musim 2017 sukses membawa klub itu promosi ke Liga 1 sebelum kembali terdegradasi di musim 2018.

Ia merupakan prajurit aktif di Batalyon Infanteri (Yonif) 413/ Bremoro Karanganyar. Ia pun meninggalkan tugas, ketika mendapatkan panggilan untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia Piala AFF U-22 2019.

5. Todd Rivaldo (Persipura Jayapura)

Market Value: Rp 3.9 miliar

Usia: 21 Tahun

Posisi: Winger/Gelandang Serang



Talenta asal Papua, walau memiliki tubuh mungil pergerakannya dan tendangan Todd sangat berbahaya. Setelah mendapatkan gelar pemain terbaik di Liga 1 U-19 tahun 2017, dirinya kembali menyabet gelar individu lainnya. Musim lalu ia menjadi pemain muda terbaik di Liga 1 dan masuk ke dalam jajaran tim terbaik.

Ia juga anggota dari skuat Timnas Indonesia U-19 dan U-22 di ajang Piala AFF. Musim ini ditangan Jacksen F Thiago dirinya terus mendapat kepercayaan di barisan skuat Mutiara Hitam. halaman 3 dari 3
6. Asnawi Bahar (PSM Makassar)

Market Value: Rp 3.5 miliar

Usia: 20 Tahun

Posisi: Bek Sayap/Gelandang Bertahan



Asnawi Mangkualam sudah dikenal sebagai salah satu pemain muda potensial setidaknya sejak masuk Timnas Indonesia U-16 untuk Piala AFF U-16 2013 Malaysia. Putra Bahar Muharram itu turut membawa Sulsel menjadi runner-up PON 2016, yang dimenangi tuan rumah. Asnawi kemudian bergabung dengan Persiba Balikpapan. Pelatih Persiba saat itu, Jaino Matos, langsung mempercayakan posisi di lini tengah kepada Asnawi.

Sejak diplot sebagai bek kanan oleh pelatih Indra Sjafri, dirinya selalu masuk dalam skuat Timnas U-19, U-23 bahkan saat ini senior. Ia juga mencicipi pengalaman bermain di Piala AFC bersama PSM Makassar dalam dua musim terakhir.

7. Syahrian Abimanyu

Market Value: Rp 3.1 miliar

Usia: 20 Tahun

Posisi: Gelandang



Pemain yang merintis karier sepak bola dari Jakarta Football Academy itu menjadi pemain yang cukup menonjol. Bersama dengan Samuel Cristianson, Dallen Ramadhan Doke, Muhammad Putra dan Hanif Faturrahman, ia termasuk pemain yang terpilih menjalani latihan di Valencia, Spanyol.

Pada 2016 Syahrian bergabung dengan Royal European Football Academy (REFA) yang berpusat di Kota Valencia. Pemain yang akrab disapa Abi ini sebelumnya sempat ditawari masuk akademi Manchester City. Namun ia terkendala masalah perizinan tempat tinggal yang cukup ketat di Inggris.

Abi sempat bergabung dengan Persija Jakarta. Tapi bukan menjadi bagian tim senior, melainkan bermain untuk tim Persija U-19 yang bakal terjun di kompetisi Liga 1 U-19. Ia sempat bermain dua tahun di Sriwijaya FC sebelum bergabung dengan Madura United pada musim 2019 lalu. Syahrian pernah di panggil memperkuat Indonesia U-13, Indonesia U-17 dan Indonesia U-19.
Terakhir diubah:  07/04/20 - 08:14





Video Trending



Berita Terkait


1591324201277

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?