Cerita Eks Dokter Timnas Futsal Tangani Pasien Gejala Corona


  •    Rissalah Maulana
  •    07/04/20 - 18:50
  •    595

istimewa

Pandemi Covid-19 atau virus Corona membuat setiap dokter di Indonesia waspada dalam menangani pasien. Salah satu kesibukan eks dokter timnas futsal Indonesia, Ahmad Nizar.

Rehat bertugas di timnas sepakbola dan futsal, Nizar sibuk mengemban tugas sebagai dokter di Puskesmas di kampung halamannya di Banteng, Sulawesi Selatan. Menurut Nizar, ada banyak pasien yang dirawat di puskesmasnya yang masuk ke dalam status Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

"Sejauh ini belum ada yang positif. Sementara yang ODP dan PDP banyak. Ini karena banyak Tenaga Kerja Indonesia yang baru pulang dari Malaysia," kata Nizar yang pernah menangani timnas futsal senior maupun U-20 pada medio 2014-2019.


halaman 2 dari 3
"ODP itu orang dalam pemantuan, bisa ada gejala, bisa juga tanpa gejala. Contoh ODP ya orang yang baru datang dari daerah diduga penyebaran virus Corona, misalnya Jakarta atau Bali," ungkapnya.

Dokter yang juga pernah direkrut oleh Vamos Mataram dan timnas sepakbola dan futsal Timor Leste ini juga harus waspada terhadap penularan Covid-19 dengan selalu memakai Alat Pelindung Diri (APD) saat memeriksa pasiennya.

"Di puskesmas sini biasanya kita memantau ODP dan PDP. Apabila ada PDP yang gejalanya memberat selama pemantauan 2 minggu, maka dirujuk ke RSUD untuk pemeriksaan lebih lanjut," jelasnya.

Nizar berharap para pecinta futsal tak menyepelekan pandemi ini dengan terus waspada mengikuti anjuran pemerintah dan juga mengonsumsi banyak makanan bergizi dan juga vitamin. halaman 3 dari 3


Eksklusif! Presentasi Program Coach Kensuke untuk Futsal Indonesia! Keren!






Video Trending



Berita Terkait


1590935401421

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?