Mengenang Radomir Antic, Sosok Yang Disegani diantara Rivalitas Klub Spanyol


  •    Robert
  •    08/04/20 - 15:10
  •    297

LaLiga

Pelatih asal Serbia, Radomir Antic meninggal dunia karena penyakit jangka panjang yang dideritanya pada 6 April 2020, dalam usia 71 tahun setelah lama berjuang melawan pankreatitis.

Antic merupakan sosok yang dikagumi di sepakbola Spanyol, Real Zaragoza, Real Madrid, Real Oviedo, Atlético de Madrid, Barcelona, dan RC Celta adalah klub yang pernah ia latih.

Antic bermain selama dua musim di Spanyol bersama Real Zaragoza dalam rentang tahun 1978 hingga 1980, mencetak tujuh gol dari 58 penampilan, sebuah angka yang cukup mengagumkan bagi seorang bek.

Antić menjalani 409 pertandingan sebagai pelatih di liga teratas Spanyol, menempatinya peringkat 16 sebagai pelatih dengan pertandingan LaLiga terbanyak. Momen terbaiknya ada di musim 1995/96 ketika ia membawa Atlético de Madrid menjuarai dua gelar untuk pertama kalinya dan satu-satunya dalam sejarah mereka. Atléti telah memenangi 10 gelar LaLiga dan 10 gelar Copa del Rey, tetapi hanya dengan Antić mereka berhasil menjuarai kedua gelar tersebut dalam musim yang sama.

Selama karir kepelatihannya, Antić hanya berhasil menjuarai dua trofi tersebut, tetapi lebih dari itu, ia mencatatkan 172 kemenangan, membuatnya menempati peringkat 14 sebagai pelatih dengan kemenangan terbanyak di divisi teratas sepak bola Spanyol.




Selain itu, Antić juga meninggalkan warisan luar biasa bagi dunia sepak bola, yakni melahirkan pelatih-pelatih luar biasa. Diego Simeone, Luis Enrique, Frank de Boer, Eduardo Berizzo, Míchel, dan Phillip Cocu adalah beberapa nama yang pernah dilatih oleh Antić, dan menggunakan pengalaman mereka ketika dilatih Antić untuk memulai karir kepelatihannya masing-masing.

Namun, pencapaian terbaik Antić yaitu ia selalu dicintai kemanapun ia pergi. Ia melatih tim di semua penjuru Spanyol, dan berhasil dihormati oleh semuanya.

Paco Buyo, salah satu mantan anak didiknya, mengeluarkan pernyataan beberapa jam setelah Antić meninggal: “Ketika Anda meninggalkan warisan seperti ini, tak heran apabila semua orang di Atlético de Madrid, Barcelona, dan Real Madrid memiliki kenangan indah tentang Anda.” halaman 2 dari 2
Berikut karir kepelatihan Antić di LaLiga:

1988-1990: Real Zaragoza - Karir pelatih pertama Antić adalah bersama klub yang ia bela semasa karir bermainnya. Di Real Zaragoza, ia membawa timnya menempati peringkat lima dan sembilan selama dua musim di Stadion La Romareda.

1991-1992: Real Madrid - Karir kepelatihannya bersama Real Zaragoza cukup impresif, sehingga membuat Real Madrid mengontraknya di akhir musim 1990/91. Mereka lalu memulai musim 1991/92 dengan cukup baik, dan Antić berhasil membawa Los Blancos memuncaki klasemen selama setengah musim. Namun, ia dilepas oleh Real Madrid, dan mereka menyia-nyiakan keunggulan tujuh poin yang didapat oleh Antić.

1992-1995: Real Oviedo - Reputasi Antić semakin bagus, setelah ia melakukan pekerjaan yang baik bersama Real Madrid, dan ia segera dikontrak oleh Real Oviedo, dan berhasil membawa mereka lolos dari jerat degradasi, yang dianggap sebagai pencapaian luar biasa.

1995-2000: Atlético de Madrid - Antić lalu melatih Atlético dalam tiga periode berbeda dalam jangka waktu lima tahun, dan ia akan selalu dikenang ketika ia menjuarai dua gelar di musim pertamanya di Vicente Calderón. Meskipun ia hengkang pada tahun 1998, ia kembali dikontrak pada musim 1998/99 dan 1999/2000, dimana di musim 1999/2000 Atlético harus degradasi.

2003: Barcelona - Setelah menjalani rehat, pelatih asal Serbia ini kembali melatih tim LaLiga, dan kali ini bersama Barcelona, menjadikannya satu-satunya pelatih yang menangani tiga tim besar Spanyol: Real Madrid, Atlético de Madrid, dan Barcelona. Ia dikontrak di pertengahan musim 2002/03, dan dengan ajaib membawa Barça naik dari peringkat 15 ke peringkat 6, tetapi harus dipecat di akhir musim.

2004: RC Celta - Antić sempat melatih Celta Vigo di akhir karir kepelatihannya di Spanyol, sebelum melatih timnas Serbia dan berkarir di Tiongkok.

Sumber: LaLiga





Video Trending



Berita Terkait


1591070402509

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?