Tips Membangun Klub Futsal Profesional Dari Tim Juara Asia


  •    Rissalah Maulana
  •    13/04/20 - 21:22
  •    1.303

Tips Membangun Klub Futsal Profesional Dari Tim Juara Asia
Bolalob

Sama seperti sepakbola, membangun klub futsal yang profesional dan stabil di level yang sama selama beberapa tahun bukanlah hal yang mudah. Apalagi harus mengelola klub di olahraga yang masih menjadi bayang-bayang sepakbola ini.

Presiden Klub Chonburi Bluewave, Tachapat Benjasiriwan, memberikan beberapa tips dan konsep awal membangun klub futsal profesional.

Chonburi sendiri merupakan salah satu klub futsal tersukses di Thailand, bahkan Asia. Sembilan kali memboyong gelar juara liga, Chonburi juga sukses meraih dua gelar juara antar klub Asia atau AFC Futsal Club pada 2013 dan 2017 lalu.

"Untuk menjawab hal itu, kami harus melihat ke belakang saat tim terbentuk 2006. Mengapa kami membangun tim, yang pertama jangan berpikir untuk menang, tapi lakukanlah untuk tim nasional," kata Tachapat saat menjawab pertanyaan dari penonton dalam sesi wawancara live dengan manajer Black Steel Manokwari, Ikka Puspita, ahad (12/4) lalu.

Baca Juga :
halaman 2 dari 3
"Kamu harus berpikir kalau kamu punya tim, semua fasilitas dan persiapan bagus itu jadi awal yang bagus untuk membantu timnas. Saat kamu bikin klub, kamu sudah selangkah lebih maju dari yang lainnya," ujar Tachapat yang meneruskan trah kepemimpinan Chonburi Bluewave dari ayahnya, Adisak Benjasiriwan, yang merupakan kepala futsal dan sepakbola pantai asosiasi sepakbola Thailand.

"Pokoknya yang terpenting, saat bikin tim, jangan berpikir untuk menang, tapi berpikir bagaimana caranya agar pemain kalian berkembang dan masuk timnas. Itu awalnya." Menurut Tachapat, visi misi dan konsep ini juga bakal menarik perhatian pemain-pemain untuk bergabung. Sebab semua muara dari kompetisi dan klub futsal adalah tim nasional.

"Saat kamu memulai lebih dulu, kamu akan mendapatkan kesempatan lebih. Di saat yang sama, kalau mengelola tim dengan baik, akan membuat pemain tertarik untuk datang. Selain punya tim, manajemen dan pelatih bagus, kamu juga harus stabil. Itu awalnya," ungkapnya.

Menurut Tachapat, selain berpikir agar pemain berkembang, mengendalikan ego dalam kelompok juga penting sebab klub merupakan sebuah kumpulan dengan mempunyai visi yang sama. "Bagaimana kamu meraih, utamanya adalah untuk tim, semua pemain dan yang lain, semua harus bertujuan untuk tim," pungkasnya. halaman 3 dari 3


Eksklusif! Presentasi Program Coach Kensuke untuk Futsal Indonesia! Keren!









Video Trending



Berita Terkait


1607088001484

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?