Mengapa Kebanyakan Kiper Futsal Tak Memakai Sarung Tangan?


  •    Rissalah Maulana
  •    17/04/20 - 10:50
  •    3.312

Mengapa Kebanyakan Kiper Futsal Tak Memakai Sarung Tangan?
Bolalob

Penjaga gawang futsal menjadi salah satu posisi penting yang harus diperankan oleh pemain yang bukan cuma punya teknik tangan, namun juga olah kaki yang baik. Apalagi kebanyakan kiper futsal juga tak memakai sarung tangan.

Lebih besar peluang mengalami cedera, mengapa kiper futsal kebanyakan tak memakai sarung tangan seperti halnya dalam sepakbola?

Alasan pertama adalah ukuran bola. Ukuran bola dalam sepakbola yang lebih besar yaitu minimal keliling lingkaran 68 cm dan maksimal 71 cm membuat penggunaan sarung tangan wajib digunakan untuk mencegah terkilirnya tangan atau jari.

Sementara di futsal, ukuran bola cenderung lebih kecil yaitu diameter minimum 62 cm dan maksimum 64 cm. Hal ini membuat kontrol bola lebih mudah menggunakan tangan kosong.


halaman 2 dari 3
Sirkulasi Bola Kiper Futsal

Tag : Streaming Futsal Bolalob - Berita Bola, Berita Terkini ...


Berbeda dengan sepakbola, frekuensi kiper futsal dalam berhadapan dengan bahaya serangan lawan lebih besar. Jika sukses mematahkan peluang lawan, kiper juga punya kesempatan untuk menciptakan serangan. Hal ini yang membuat kontrol bola lebih mudah dengan tangan kosong tanpa sarung tangan.

Kemampuan melempar menjadi lebih akurat tanpa sarung tangan. Bayangkan jika menggunakan sarung tangan kipe sepakbola. Butuh waktu beberapa detik untuk menstabilkan pegangan tangan terhadap bola. Sedangkan setiap detik dalam futsalnya bisa mempengaruhi pertandingan.




halaman 3 dari 3
Solusi Menghindari Cedera Pada Tangan

Tentu saja, tanpa menggunakan sarung tangan, resiko cedera lebih besar terjadi. Tangan yang terkilir karena mencoba menangkap bola hingga dislokasi tulang jari mengancam kiper futsal jika tak cermat dalam mengontrol bolanya.

Solusinya, sudah ada sarung tangan khusus kiper futsal. Berbeda dengan sepakbola, sarung tangan ini lebih kecil dan tak ada pelindung untuk sebagian jari tangan sebagai solusi kendali bola lebih mudah.

Namun jika masih kurang nyaman dan terbiasa dengan tangan kosong, kiper futsal biasanya menggunakan tapping untuk melindungi jari-jarinya. Sekali lagi, semuanya balik lagi ke diri sang kiper futsal. Hal yang paling utama adalah kenyamanan. Jika menggunakan sarung tangan membuat performa lebih baik, mengapa tidak?



Best 5 Goals pekan 3 Group A | Pro Futsal League 2020







Video Trending



Berita Terkait


1595217138073

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?