Stafsus-stafsus di Tim Futsal Ini Bantu Ringankan Kerja Pelatih Kepala


  •    Rissalah Maulana
  •    17/04/20 - 09:50
  •    441

Stafsus-stafsus di Tim Futsal Ini Bantu Ringankan Kerja Pelatih Kepala
Bolalob

Bukan cuma Presiden dan Wakil Presiden, pelatih sebuah tim olahraga, juga mempunyai staf-staf khusus yang mendampinginya saat bekerja, baik saat latihan maupun pertandingan.

Di tim futsal, staf-staf ini berperan penting menjaga agar timnya mampu memberikan performa terbaik saat pertandingan. Staf pelatih bekerja untuk meringankan beban pelatih kepala. Tentu saja, kerja mereka berdasarkan arahan dan kordinasi dari pelatih kepala.

Di tim futsal, biasanya pelatih kepala biasa didampingi oleh 4-5 staf kepelatihan tiap pertandingannya. Berikut ulasannya:

1. Asisten Pelatih



Asisten pelatih menjadi orang kedua yang menjadi nahkoda tim. Mereka biasanya bertugas sebagai pembisik pelatih kepala sebagai pemberi saran. Tak jarang asisten pelatih juga melakukan tugas untuk mengarahkan pemain selanjutnya yang akan masuk ke lapangan. Yang jelas harus ada kecocokan antara pelatih dan asistennya.

2. Pelatih Fisik



Staf khusus yang satu ini punya tanggung jawab agar kebugaran pemain tetap terjaga. Dalam futsal, para pemain dituntut harus tetap fokus selama pertandingan meski tenaga mereka terkuras. Untuk itu pelatih fisik harus punya program latihan untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran serta stamina pemain. Terkadang pelatih fisik juga harus menganalisa kapan pemain terlihat kelelahan di lapangan dan harus segera dibangkucadangkan.


halaman 2 dari 3
3. Pelatih Kiper



Pemilihan kiper dalam setiap pertandingan menjadi tugas staf khusus yang satu ini. Selain mematangkan kemampuan, pelatih kiper juga harus jeli melihat kondisi teknis dan juga non-teknis kipernya sebelum, selama dan sesudah pertandingan. Pelatih kiper juga berpengaruh penting dalam pematangan mental murid-muridnya.

4. Tim Medis



Tim medis bisa terdiri dari dokter, massaure atau fisioterapis, tergantung dari kebutuhan dalam pertandingan. Namun biasanya Fisioterapis berada di bangku cadangan mengawasi dan merawat tiap pemain. Cedera dan penanganannya di lapangan menjadi tugas fisioterapis. Fisioterapis memberikan saran kepada pelatih kepala apakah pemain yang cedera di lapangan masih bisa bermain atau tidak.

5. Kitman

Galeri Foto : Indonesia Vs Chinese Taipei - AFC U20 Futsal ...

Kitman atau bagian perlengkapan juga tak kalah pentingnya. Selain memastikan segala kebutuhan dan peralatan tim di lapangan terpenuhi, Kitman juga biasana membantu tugas dari tim medis. Selain bertanggung jawab pada perlengkapan, kitman juga berfungsi membantu pemain dalam pemulihan saat ditarik ke bangku cadangan seperti memberikan es untuk pemulihan otot pemain hingga memberikan minuman.

Lima staf khusus tersebut yang biasa berada di bench saat pertandingan membantu pelatih kepala. Namun ada pula beberapa staf yang terlibat khusus secara tidak langsung seperti direktur teknik dan juga tim analisis. halaman 3 dari 3


Best 5 Goals pekan 5 Group A | Pro Futsal League 2020







Video Trending



Berita Terkait


1585999839082

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?