Kiprah 3 Klub Sepakbola Indonesia yang Sempat Cicipi Persaingan Liga Futsal Profesional


  •    Rissalah Maulana
  •    20/04/20 - 15:20
  •    667

Kiprah 3 Klub Sepakbola Indonesia yang Sempat Cicipi Persaingan Liga Futsal Profesional
Bolalob

Persiba Female FC sukses menjadi juara women Pro Futsal League 2020. Yang menarik, Persiba Female merupakan tim promosi dari Liga Futsal Nusantara pertama yang sukses meraih gelar perdana di tahun pertama.

Hal ini tak terlepas dari dukungan dana yang disokong klub sepakbola Persiba Balikpapan. Melihat ke belakang, kompetisi futsal profesional sendiri pernah diikuti oleh dua klub sepakbola selain Persiba.

Dari tiga klub sepakbola yang bernah berkiprah di liga futsal, hanya Persiba yang sukses menjadi juara. Berikut ulasannya:

IM Sriwijaya United



Manajemen Sriwijaya FC membeli slot tim Isen Mulang Kalimantan Tengah untuk berlaga di Liga Futsal Indonesia 2011 sebesar Rp. 400 juta. Dengan dana besar untuk sekelas tim futsal, Sriwijaya merekrut beberapa pemain timnas jebolan juara piala AFF 2010.

Nama-nama beken seperti Jefri Purba, Ali Haidar, Deny Handoyo, Karismawan dan wonderkid kala itu yaitu Randhyas Samsul Bachri berkostum Sriwijaya dengan pelatih kepala eks pelatih kiper timnas futsal, Abu Bakar.

Di fase grup, IM Sriwijaya United mengantongi tujuh kemenangan, empat hasil seri dan tiga kekalahan dengan poin 25. Mereka berada di bawah Electric PLN di peringkat pertama dengan 32 poin dan Pelindo dengan 29 poin di peringkat kedua.



halaman 2 dari 4
Sayang di final four mereka kalah agregat atas Pelindo di semifinal. Kalah 1-3 di pertemuan pertama, Sriwijaya hanya menang tipis di leg kedua dengan skor 2-1. Di perebutan peringkat ketiga juga mereka harus takluk dengan skor 2-5 atas Futsal Kota Bandung.

Gagal masuk podium, Sriwijaya hanya mampu memboyong trofi top scorer yang diraih Sandy Gempur dengan 17 gol.

Sayang di musim 2012, meski telah melakukan persiapan, Sriwijaya mundur dari liga karena kekecewaan atas Badan Futsal Nasional kala itu yang memasukan tim baru tanpa melalui play-off.




Persija Jakarta



Persija Jakarta tampil di Futsal Super League 2015 setelah memenangi enam dari tujuh laga play-off dan dibesut pelatih kepala asli Jakarta, Doni Zola.

Tampil gemilang tak terkalahkan di playoff, Persija lolos ke Futsal Super League dan masuk ke grup timur. Sayang di laga sebenarnya, Performa Persija naik turun.

Meraih kemenangan tipis 2-1 atas Pertamina, Persija takluk tiga kali beruntun di laga selanjutnya atas Pinky Boys, Biangbola dan Vamos. Masing-masing tim kompak mencetak lima gol ke gawang Farhan Rizqy cs saat itu.

Membantai Trunajaya 17-2 membuat performa Persija perlahan naik dan menahan imbang Bintang Timur serta Pelindo setelahnya.

Di seri kedua, Persija makin melempem dan hanya sukses memenangi satu laga dan satu kali seri. Hasil ini membuat mereka terdegradasi dari liga.




halaman 3 dari 4
Persiba Female FC



Female FC Jakarta sukses lolos ke Women Pro Futsal League 2020 setelah menjadi runner-up Liga Futsal Nusantara 2019.

Lolos ke liga, Female FC butuh sokongan pihak lain untuk dapat bersaing. Beruntung Persiba Balikpapan yang dibesut Gede Widiade dan anaknya Reza Widiawan.

Dukungan ini membuat Persiba sehat secara manajemen dan dengan bantuan pelatih yang merangkap pemain yaitu Rani Mulyasari kala itu, Persiba menggaet beberapa bintang futsal seperti Maulina Novrilyani, Dinar Kartika Sari dan juga Febriana Kusumaningrum.

Dari 12 laga yang dijalani, Persiba tak terkalahkan di wpfl 2020 dengan 11 kali menang dan satu hasil seri yang membuat mereka menjadi juara baru. halaman 4 dari 4


Eksklusif! Presentasi Program Coach Kensuke untuk Futsal Indonesia! Keren!







Video Trending



Berita Terkait


1593684002320

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?