Banyak Pemain Kelas Dunia Datang, Dutra: Sepak Bola Indonesia Berkembang


  •    Gerry Putra
  •    25/04/20 - 14:00
  •    2.014

Banyak Pemain Kelas Dunia Datang, Dutra: Sepak Bola Indonesia Berkembang
Gerry Putra/Bolalob

Bek Persija Jakarta, Otavio Dutra menyebut sepak bola Indonesia sudah jauh berkembang. Ia menilai itu dari banyaknya pemain asing kelas dunia yang mulai mau berkompetisi di Indonesia.

Beberapa nama pemain kelas dunia sempat singgah di Indonesia. Sebut saja ada Michael Essien (Real Madrid dan AC Milan) yang bermain di Persib Bandung.

Tidak hanya itu, ada juga Peter Odemwingie yang bermain di Madura United. Ada juga Mohamed Sissoko yang pernah membela panji-panji Mitra Kukar.

Baca Juga :


Terkini, ada Marco Motta yang merupakan bintang Juventus dan AS Roma yang kini bermain untuk Persija Jakarta. Dutra kini bermain bersama dengan Motta. Sebagai pemain yang sudah 10 tahun berkompetisi di Indonesia, ia memberikan penilaiannya.

"Jujur, menurut saya sudah ada perkembangan sangat bagus, di dalam liga sendiri bisa lihat setiap tahun kompetisi lebih ketat. Banyak pemain dari luar negeri mau datang ke Indonesia karena sudah tahu di sini kompetisi sangat bagus," kata Dutra.

Namun, Dutra menyebut Indonesia kalah dari segi infrastruktur dan wasit. Ia menilai dua hal itu harus diperbaiki agar sepak bola bisa lebih melangkah maju di era industri, seperti sekarang.

"Perbedaan yang paling terlihat adalah infrastruktur termasuk lapangan. Lebih bagus di Brasil dibandingkan dengan di sini, selain itu kualitas wasit lebih bagus di sana," jelasnya.

"Tapi seperti yang tadi saya bilang, dari 2010 ketika saya datang di Indonesia sampai tahun 2020 ini sudah jelas kualitas jauh lebih bagus daripada dulu dan saya berharap semoga setiap tahun liga bisa lebih bagus lagi," imbuhnya. halaman 2 dari 3






Video Trending



Berita Terkait


1600756875015

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?