Asal Mula Futsal: Dari Kanada, Sekolah di Uruguay, Hingga Jalanan di Brazil


  •    Rissalah Maulana
  •    03/05/20 - 07:52
  •    654

Bolalob

Selain di Kanada dan Uruguay, konsep olahraga futsal juga mencuat di Brazil melalui gang-gang dan jalanan kecil.

Jika di Kanada futsal dimainkan pertama oleh tim sepakbola dan di Uruguay dimatangkan di sekolah oleh Juan Carlos Ceriani, di Brazil, konsep sepakbola dalam ruangan juga telah dimainkan.

Negara yang kental dengan kultur sepakbolanya sudah mengembangkan konsep futsal di era 1920 hingga 1940an. Selain di gang-gang dan jalan-jalan kecil, futsal juga dimainkan di gimnasium dan gelanggang olahraga. Menurut laman fgfs, sepakbola saat itu dimainkan di dalam ruangan karena ketiadaan lapangan luas untuk bermain 11 lawan 11.

Di Brazil, tepatnya di kawasan urban Sao Paulo, futsal awalnya dimainkan oleh lima hingga tujuh pemain. Saat itu, apapun yang berbentuk bola dimainkan seperti serbuk gergaji, sampah sayur yang diikat, hingga styrofoam yang dibentuk bulat.

Tetapi pantulannya terlalu liar dan membuat benda-benda ini seringkali meninggalkan lapangan lebih cepat sehingga ukurannya dikurangi dan beratnya ditambah. Itulah sebabnya beberapa orang awalnya menyebut futsal sebagai olahraga bola berat.




halaman 2 dari 3
Setelah Juan Carlos Ceriani dengan metode dan aturan futsalnya meramaikan Brazil, salah satu nama yang terkenal menyebarkan futsal modern di tanah samba adalah Habib Mahpuz, kawan Ceriani yang juga merupakan profesor di YMCA cabang Sao Paulo. YMCA organisasi pendidikan keagamaan yang menjembatani Ceriani melakukan penelitian untuk menciptakan aturan futsal.

Mahpuz pula yang terlibat dalam revisi beberapa peraturan futsal hingga menyebarkan olahraga baru ini di Brazil. Karena cocok dengan budaya dan kebiasaan bermain 'sepakbola jalanan' futsal diterima dengan cepat di Brazil.

Habib Mahpuz




Mahpuz dan organisasinya membuat kompetisi futsal antar pelajar hingga akhirnya mendirikan federasi futsal pertama di dunia yaitu federasi metropolitan sepakbola dalam ruangan Sao Paulo pada 1954 hingga mengilhami provinsi lainnya di Brazil untuk membuatnya.

Meski Diciptakan di Uruguay, di Brazil lah futsal paling banyak berkembang dan mengalami evolusi baik dari segi organisasi maupun teknis. Ciro Fontao, presiden federasi sepakbola dalam ruangan sao paulo menyebut secara teknis, Futsal dan aturan modern-nya lahir di Brazil.
halaman 3 dari 3
Ini karena setelah menciptakan peraturan futsal pada 1933, Ceriani lebih aktif berkomunikasi dengan rekan-rekannya sesama guru di Brazil untuk mempromosikan olahraga tersebut hingga akhirnya muncul federasi futsal pertama di dunia di Sao Paulo.

Selain lewat guru-guru di YMCA, Futsal juga sukses menggema di Brazil lewat gencarnya promosi di radio dan koran saat itu. Pada 1960 contohnya, perkenalan futsal yang kali itu masih disebut 'Sports of Heavy Ball' atau olahraga bola berat pertama digaungkan lewat gelombang suara dari Radio Emissore di mana pembaca acara Vicente Elias Schanoski menggelar wawncara dengan beberapa profesor YMCA rekanan Ceriani.
history_of_futsal




Mantan presiden FIFA, Joao Havelange, meninggal dunia - BBC News ...
Sebelum menjabat Presiden FIFA, Joao Havelange yang aktif di PSSI-Nya Brazil juga menjadi salah satu orang yang memperjuangkan olahraga futsal. Hingga aktif menjadi Presidan FIFA dari 1974-1998, Havelange memerintahkan sekretaris Jendral FIFA kala itu, Sepp Blatter, untuk mempersiapkan dan merancang masuknya futsal ke dalam badan FIFA.

Kata futsal juga pertama kalinya muncul di Sao Paulo di mana jurnalis Gazzeta Esportiva, Jose Antonio Inglez, menulis berbagai berita tentang futsal. Inglez disebut merupakan orang pertama yang menggunakan kata futsal, disusul jurnalis Radio Brazil, Raul Tabaraja.

Hingga saat ini, Futsal jadi salah satu olahraga tersohor kedua di Brazil setelah sepakbola.






Eksklusif! Presentasi Program Coach Kensuke untuk Futsal Indonesia! Keren!

Terakhir diubah:  05/05/20 - 19:18





Video Trending



Berita Terkait


1588571401641

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?