Bagaimana Kualitas Pemain Indonesia Dimata Luis Milla?


  •    Robert
  •    04/05/20 - 14:30
  •    3.024

Bolalob

Walau hanya tak lebih dari dua tahun menangani Timnas Indonesia, sosok pelatih Luis Milla nampak sangat berkesan di mata suporter.

Milla membawa Timnas U-22 meraih medali SEA Games 2017 Kuala Lumpur kala itu. Permainan skuat Garuda Muda pun dinilai berkembang dan lebih atraktif.




Dalam wawancara bersama Kick Off Indonesia, mantan pelatih Timnas Spanyol U-21 itu menilai kualitas pemain lokal Indonesia tak berbeda jauh dengan pemain Eropa.

"Impresi awal yang kami temukan adalah banyak peluang yang bisa kami bangun dengan pemain," ucap Milla yang dilansir dari Youtube Kick Off Indonesia.

"Secara umum, pemain sangat dewasa, juga dalam hal skill, tidak berbeda jauh dengan pemain Eropa."

"Meskipun ada banyak hal yang mereka perlu kerja ekstra keras," katanya lagi. halaman 2 dari 3
Lebih lanjut lagi Milla mengatakan bahwa kekurangan terbesar para pemain Indonesia adalah pada teori tentang sepakbola itu sendiri.

"Kami merasa pemain tertinggal dalam hal pengetahuan sepak bola. Ini akibat kekosongan pendidikan usia muda," tutur Milla.

"Kami harus mulai mengajar banyak konsep, karena mereka pemain muda yang punya potensi besar untuk berkembang," katanya menambahkan.

PSSI pada tahun 2017 lalu merilis Filosofi Sepak Bola Indonesia (Filanesia) yang dituangkan dalam buku Kurikulum Pembinaan Sepakbola Indonesia.

Dimana Filanesia adalah sebuah filosofi yang akan menjadi fondasi dan karakter sepak bola Indonesia, baik untuk pembinaan usia dini sampai profesional dari segi individu maupun tim.

Selain itu beberapa kompetisi junior mulai digarap oleh PSSI dalam tiga musim terakhir, yakni Elite Pro Academy (EPA) dari U-16, U-18 dan U-20.

Kerjasama dengan pihak swasta pun digarap oleh PSSI, seperti program Garuda Select yang sudah memasuki tahun keduanya. Dimana para pemain muda U-17 sebanyak 24 pemain tiap tahunnya dibawa untuk berlatih di Inggris. halaman 3 dari 3






Video Trending



Berita Terkait


1593828001255

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?