Dua Klub yang Tidak Menanggung Dosa Suporternya Musim Lalu


  •    Kukuh Wahyudi
  •    12/05/20 - 12:00
  •    322

Dua Klub yang Tidak Menanggung Dosa Suporternya Musim Lalu
Suproter Borneo FC. (Borneo FC)

Jika Bolalob tak salah hitung dari daftar sanksi Komisi Disiplin (Komdis) PSSI di Liga 1 2019, ada sekitar 76 dari 157 total kasus yang berasal dari suporter.

Artinya, aksi suporter di musim lalu menjadi sumber dari hampir separuh sanksi yang dikeluarkan Komdis. Catatan ini tentunya harus menjadi perhatian penting untuk klub-klub yang bersangkutan.

Pasalnya, ulah suporter yang tak karuan dapat berujung menipisnya kantong khas klub. Sebagai contoh nasib Persib musim lalu.

Mereka harus merogoh kocek sebesar Rp1.150.000.000 hanya untuk membayar denda pelanggaran disiplin dari oknum suporter mereka sendiri. Padahal, dana sebesar itu bisa membiayai 1-3 pemain dalam satu musim.

Akan tetapi, tak semua tim merasakan nasib pahit seperti Persib. Ada dua tim yang tercatat bersih dari dosa suporter.

Baca Juga :
halaman 2 dari 3
Borneo FC
Borneo FC di Liga 1 2019 (Borneo FC)

Pertama ada Borneo. Mereka sejatinya cukup banyak dalam mengoleksi sanksi dari Komdis. Total ada 10 kasus yang mereka dapatkan.

Namun, tak ada satu pun sanksi yang dilatarbelakangi oleh perilaku suporter mereka. Sebanyak 10 sansi itu berasal dari delapan pelanggaran individu serta masing-masing satu untuk pelanggaran tim dan panpel.
halaman 3 dari 3
Bhayangkara FC
Bhayangkara di Liga 1 2019. (Bhayangkara FC)

Bhayangkara menjadi salah satu tim yang tak merasakan pahitnya membayar denda suporternya. Tim yang berstatus sebagai tim terminim dalam menerima snaksi Komdis (tiga kasus) itu sama seperti Borneo.

Dari tiga sanksi yang diterima mereka tak ada satu pun yang berasal dari dosa suporter.






Video Trending



Berita Terkait


1600423202377

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?