Throwback Indonesia Futsal League 2011, Mulainya Era Sang Raja IPC Pelindo II


  •    Dwi Anggoro
  •    22/05/20 - 11:14
  •    456

Bolalob

Liga futsal Indonesia atau yang saat ini dikenal dengan nama Pro Futsal League (PFL) telah memasuki musim ke-13 sejak pertama kali bergulir di 2006/2007.

Tahun 2011 adalah musim kelima bergulirnya Indonesia Futsal League (IFL). Musim itu IFL diadakan sebanyak 4 seri di 3 kota, Jakarta, Lampung, Palembang, dan final four di Jakarta. Musim ini sebenarnya diikuti oleh 10 tim, tapi Jatim Futsal dan Limus IBM Jaya mengundurkan diri dan membuat IFL kembali diikuti oleh 8 tim.

Kedelapan tim peserta IFL 2011 adalah juara bertahan Harimau Rawa, Electric PLN, Pelindo II, Futsal Kota Bandung (FKB), Sriwijaya United, Bank Sumut, JICT Futsal, dan Jaya Kencana United. Babak reguler berlangsung pada 19 April hingga 8 Juli yang meloloskan Electric, Pelindo II, FKB, dan Sriwijaya United ke final four.


halaman 2 dari 4
Baca selengkapnya Selengkapnya  
Yos Adi Wicaksono, salah satu penggawa Pelindo II menceritakan tantangan timnya dan situasi liga saat itu. "Kita nggak jadi juara dipenyisihan. Kendalanya pas kita ada pelatihan dari kantor di sekolah kepolisian Lido selama 2 minggu Kondisi fisik kurang bagus pas bersamaan liga," ujarnya.

"Liga dulukan per seri yang liburnya agak lama diantar per seri. Pas final ketemu PLN yang babak penyisihan kita nggak pernah menang," lanjutnya.

Final four sendiri berlangsung di Istora Senayan pada 22-24 Juli. Di final four, Electric berhasil menyingkirkan FKB dan Pelindo II mengalahkan Sriwijaya United untuk beradu di final. Pelindo II di musim 2011 ini tampil dengan kekuatan baru diisi barisan pemain timnas, seperti Haerul Ohorella, Jaelani Ladjanibi dan Socrates Matulessy.

"(IPC) Juara pertama kali pas angkatan saya masuk. Tahun 2011 penerimaan pegawai dari atlet beberapa cabor. Ada seleksinya juga ," ungkap Yaw kepada Bolalob.

"Para pemain musim itu Socrates, Jaelani, Indra KP, Caisar, Hairul, Zulfikar, Alfian, Gustian, Andaru, Ahmad Maulana, Rizky Pratama, Abu bakar, Taufikqurahman, dan Syarief," ujar Yaw tentang skuat IPC di 2011.
halaman 3 dari 4
Pertandingan final melawan Electric berlangsung sengit sejak awal dengan Pelindo II menguasai jalannya pertandingan. Pelindo II berhasil unggul cepat 1-0 melalui Caesar Silitonga menit ke-2 yang bertahan hingga babak pertama usai. Di babak kedua, Pelindo II menambah keunggulan melalui Jaelani menit ke-25. Electric yang tertinggal hanya mampu membalas satu gol melalui Sumianto menit ke-35. Pertandingan berakhir dengan skor 2-1 untuk keunggulan Pelindo II yang sekaligus memastikan mereka keluar sebagai juara.


"Dan semifinal dulu dua kali ketemu. Final ketemu PLN. Semifinal ketemu Sriwijaya. Di semifinal 1 menang 3-1, semifinal 2 kalah 3-2," ujar Yaw.

"Di final menarik pas PLN menit-menit terakhir gunakan power play. Soalnya selama penyisihan mereka menang pakai power play. Golnya juga banyak dari powerplay. Kebobolan satu, menang 2-1," lanjutnya.

"Kunci kemenangan bermain dengan maksimal karena partai final dan target juara. Intinya mah jadi pegawainya seneng juara karena memang target managemen. Selain itu, Pelindo sebelumnya hanya mampu final four sebelum juara," pungkasnya.

Diperebutan peringkat ketiga, FKB berhasil mengalahkan Sriwijaya United dengan skor 5-2. Pemain terbaik jatuh kepada Jaelani dari Pelindo II, dan top skor diraih Sandy Gempur dari Sriwijaya United dengan torehan 17 gol. halaman 4 dari 4


City of Football PSS Sleman Episode 4: Terbang Tinggi Elang Jawa






Video Trending



Berita Terkait


1590749401232

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?