Bercita-cita Jadi Polisi? Ini Tips Penggawa Black Steel Manokwari


  •    Rissalah Maulana
  •    14/05/20 - 10:50
  •    2.332

Bercita-cita Jadi Polisi? Ini Tips Penggawa Black Steel Manokwari
istimewa

Penggawa Black Steel Manokwari, Evan Soumilena menjadi salah satu pemain yang juga punya pekerjaan utama selain berkarir di futsal.

Selain menjalani karir di futsal, Evan juga merupakan salah satu anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Pemain berusia 24 tahun ini menjalani pendidikan Bintara kepolisian di SPN Karombasan Manado pada 2016.

Kepada Bolalob, Evan berbagi pengalaman dan tips bagi yang inin masuk kepolisian lewat jalur Bintara. "Pada tes pertama saya tidak lolos, nah baru percobaan tes yang kedua lolos," kata Evan yang saat ini berpangkat Bripda.

Ada beberapa tahapan dalam tes yang harus dilalui seperti Tes Psikologi, fisik dan kesehatan. "Kita harus benar-benar belajar dan latihan dalam tes itu. Karena itu hanya awal. Setelah lolos mental kita harus kuat menjalani pelatihan selama tujuh bulan," kata pemain yang memulai debut di liga futsal profesional pada 2017 ini.

Baca Juga :
halaman 2 dari 3
"Pokoknya sebelum tes kita siapkan diri baik-baik seperti belajar, persiapan fisik, jaga kesehatan. Mental yang paling pening. Selain itu jangan pernah melupakan Tuhan," ungkapnya.

Hal itulah yang membuat Evan sempat vakum dari futsal. Sebelum menjadi Polisi, Evan termasuk salah satu atlet yang rajin mengikuti berbagai kejuaraan nasional bersama Black Steel dan tim Pra PON Papua. "Di pendidikan lebih berat lagi karena tidak sentuh bola sama sekali," ujarnya.

Di sekolah Bintara, Evan belajar banyak hal mulai dari melayani hingga kedisiplinan. "Karakter dan sikap dibentuk dalam pendidikan. Fisik kita digenjot terus. Tiada hari tanpa berlari. Larinya juga memakai sepatu ransel berisikan pasir. Tiap hari lari hingga sehari jadi rasa sebulan," ungkapnya.

Semua itu dijalani Evan semata-mata karena niat membahagiakan keluarganya. Proses dari pendidikan tersebut juga terbawa ke dalam karir futsal Evan. Sudah dua musim sang pemain menjadi bomber andalan Black Steel.

Di musim 2020 ini, Evan telah mencetak 16 gol. Belum lagi aksinya yang pasti ditunggu di final four yang masih tertunda akibat virus Corona. halaman 3 dari 3


Evanmovic Mau Bela Negara Lewat Futsal dan Kepolisian! - Futsal Talk









Video Trending



Berita Terkait


1624880700250

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?