Pelatih Indonesia Tangani Klub Jepang, Bakal Berlaga di Liga Tokai


  •    Rissalah Maulana
  •    14/05/20 - 16:50
  •    1462

Bolalob

Eks asisten pelatih dan juga penerjemah timnas futsal Indonesia, Taufik Agil Fathoni, punya tugas baru setelah kembali ke Jepang pada pertengahan Maret lalu.

Agil yang sudah mengantongi sertifikat Level 1 AFC Futsal ditunjuk menjadi pelatih kepala tim futsal semi profesional Amateur Kamamatsu yang berasal dari Gifu, sebuah kota di wilayah utara Nagoya, Jepang. Agil sendiri tak asing dengan tim ini karena pada 2014-2018 pernah menjadi penjaga gawang di tim tersebut.

Amateur Kasamatsu FC sendiri dibentuk pada 2006 di kota Kasamatsu, selatan dari wilayah Nagoya. Namun tim ini lebih aktif bermain di beberapa kompetisi dan kejuaraan di kota Gifu, Hashima dan Ichinomiya.

Di klub ini, Agil akan berlaga di Liga Tokai, kompetisi futsal domestik di perfektur Gifu. "Liga ini setingkat Liga Futsal Nusantara level provinsi. Tapi di Gifu punya dua divisi," kata Agil kepada Bolalob.


halaman 2 dari 3
Kasamatsu berada di divisi satu dan musim lalu berada di posisi empat. Namun sayang, dari liga Tokai ini, tim juara tak bisa lolos ke level kompetisi selanjutnya karena memang belum ada jenjang yang lebih tinggi lagi.

"Juara di Liga Tokai ini akan bermain di All-Japan Futsal Championship dan berkesempatan ketemu tim-tim di divisi satu atau dua Liga Futsal Jepang," ujar Agil. All-Japan Futsal Championship merupakan kejuaraan Piala Liga yang diikuti tim amatir maupun profesional besutan JFA atau asosiasi sepakbola Jepang.

Liga Futsal Jepang sendiri memang baru beberapa musim belakangan mengadakan sistem degradasi dan promosi. Divisi kedua saja baru dimulai pada 2018 lalu. Selain divisi dua, tidak ada lagi jenjang di bawahnya. Klub-klub yang punya dana dan kuat secara finansial bisa langsung mendaftar di liga futsal Jepang untuk nantinya diverifikasi terlebih dahulu. halaman 3 dari 3


Ganteng-Ganteng Pemain Futsal, Rizki Xavier - Futsal Talk

Terakhir diubah:  15/05/20 - 21:30





Video Trending



Berita Terkait


1589553018240

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?