Berasal dari Malaysia, Ini 5 Fakta Menarik Pemain Asing Pertama di Liga Futsal Indonesia


  •    Rissalah Maulana
  •    14/05/20 - 15:50
  •    1067

Bolalob

Momen menarik dan menjadi salah satu tonggak sejarah futsal Indonesia terjadi di kompetisi liga futsal profesional musim 2012.

Di musim keenam bergulir, setelah sebelumnya tak ada perkembangan, Indonesia Futsal League 2012 dimeriahkan oleh kehadiran pemain asing. Tak jauh-jauh, pemain asing pertama yang bermain di liga futsal profesional Indonesia berasal dari Malaysia.

1. Klub Indonesia Pertama Gunakan Pemain Asing

No photo description available.

Brilyan Sport Sulsel menjadi klub pertama yang menggunakan jasa pemain asing saat itu. Selain Brilyan, BFN juga kala itu mengabarkan ada beberapa klub yang akan mendatangkan pemain asing, terutama untuk berlaga di final four. Hingga final four usai kabar tersebut tak terwujud.

Brilyan sendiri merupakan klub futsal profesional pertama yang mewakili Sulawesi Selatan. Mayoritas pemain berasal dari Makassar yang dipersiapkan menghadapi PON Riau 2012 kala itu. Tim ini menggelar pemusatan latihan di Bekasi.



2. Merekrut Pemain Muda

Image may contain: 2 people


Mohammad Zuhairi, pemain futsal asal Malaysia direkrut oleh tim Brilyan Sport Sulsel untuk berlaga di putaran kedua IFL 2012 yang dimulai dari seri ketiga.

Zuhairi kelahiran 22 Januari 1994 atau masih berusia 18 tahun saat menjalani debut di liga futsal Indonesia. Sebelumnya pemain yang akrab disapa kecik ini memperkuat tim futsal Negeri Sembilan di Liga Futsal Malaysia musim 2011/2012. Setelah itu sang pemain berlaga bersama Sabah Quilmes.


halaman 2 dari 3
3. Dibawa ke Indonesia Oleh Pelatih Malaysia



Zuhairi dibawa oleh Qusmaini Noor Rusli yang sama-sama berasal dari Malaysia. Selain membawa Zuhairi untuk bermain, Qusmaini juga masuk ke dalam staf kepelatihan Brilyan yang kala itu ditinggalkan pelatih kepalanya, Arif Kurniawan.

Setelah berkiprah di Indonesia, Qusmaini menjadi pelatih kepala di Sabah Quilmes pada Liga Futsal Malaysia musim 2013 di mana Zuhairi sebagai pemainnya. Setelahnya Qusmaini punya beberapa karir di Indonesia seperti menangani BJL 2000 Semarang hingga Bank Sumut di Pro Futsal League 2020.




4. Gagal Rekrut Bintang Futsal Thailand

Image


Brilyan sebenarnya mendatangkan satu pemain asing lagi yaitu Jetsada Chudech, pemain timnas futsal Thailand. Bahkan nama Jetsada sudah masuk ke dalam daftar pemain baru Brilyan yang didaftarkan ke Badan Futsal Nasional (BFN).

Namun sayang hingga liga selesai Jetsada tak kunjung datang. Hal ini dikarenakan klubnya, Royal Navy, tak mengijinkan sang pemain terbang ke Indonesia karena untuk persiapan liga. Saat itu Jetsada sendiri baru selesai memperkuat Thailand di Piala Dunia Futsal 2012.




5. Statistik Kurang Baik



Di IFL 2012, karena baru masuk di putaran kedua, Zuhairi yang menggunakan nomor punggung 99 hanya bermain enam kali dan hanya mampu mencetak satu gol. Brilyan sendiri juga gagal melaju ke final four meski sempat beberapa kali menjadi kejutan, salah satunya mengalahkan juara bertahan IPC Pelindo 1-0 kala itu. halaman 3 dari 3


Ganteng-Ganteng Pemain Futsal, Rizki Xavier - Futsal Talk







Video Trending



Berita Terkait


1578996003715

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?