Thailand Paling Banyak Punya Wasit FIFA, Indonesia Samai Vietnam


  •    Robert
  •    18/05/20 - 13:30
  •    2498

FIFA

Thailand menjadi negara di Asia Tenggara yang memiliki pengadil di lapangan atau wasit berlisensi FIFA terbanyak. Sebanyak 26 pengadil dengan lisensi FIFA dimiliki oleh Thailand, delapan diantaranya wasit sepakbola dan lima wasit futsal.

Sementara di posisi kedua ada Malaysia dengan total 20 nama wasit, dimana terdapat enam wasit sepakbola dan tiga wasit futsal.

Lalu Indonesia dan Vietnam, sama-sama berada di posisi ketiga dengan memiliki delapan wasit lisensi tertinggi.




Wakil Indonesia yang ada di korps baju hitam adalah lima wasit sepakbola dan tiga wasit futsal.

Thoriq Alkatiri Munir menjadi wasit berlisensi FIFA terlama, dimana ia telah aktif sejak tahun 2014 lalu. Disusul oleh Dwi Purba Adi Wicaksana (2014), Yudi Nurcahya (2018) dan dua wajah baru yang lulus di tahun 2020, ada Fariq Hitaba dan Aprisama Aranda.

Sementara tiga wasit futsal dengan lisensi FIFA ada Ikwan Laksono (2010), Wahyu Wicaksono (2018) dan yang terbaru Windy Agustina Putra (2020).

Sementara itu, tujuh asisten wasit Indonesia yang berlisensi FIFA adalah Beni Andriko, Furqon Fajar, Azizul Alimmudin Hanafiah, I Gede Selamet Raharja, Dinan Lazuardi, Nurhadi Nurhadi, dan Bangbang Syamsudar. halaman 2 dari 3
Pada 2018, Indonesia sebenarnya memiliki wasit berlisensi FIFA lainnya, yakni Oki Dwi Putra Senjaya dan Musthofa Umarella. Namun diyakini FIFA tak memberikan lisensi tertinggi kepada keduanya karena pernah melakukan kesalahan.

Seperti yang didapat oleh wasit asal Vietnam, Tran Dinh Thinh yang mendapat sanksi dari Federasi Sepakbola Vietnam (VFF) pada tahun 2019 lalu karena melakukan kesalahan di laga Liga Vietnam antara Hanoi FC dan Viettel FC.

Thinh memberi Viettel penalti pada menit terakhir pertandingan. Kiper Hanoi FC berhasil memblok penalti tetapi ia melakukan kesalahan teknis, keluar dari garis gawang untuk memblokir bola. Namun, wasit Thinh tidak membiarkan Viettel FC mengambil penalti ulang karena dia tidak tahu aturan dasar. halaman 3 dari 3
Terakhir diubah:  22/05/20 - 09:09





Video Trending



Berita Terkait


1591273801613

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?