Simon McMenemy Sebut PSSI Harus Contoh Vietnam dalam Pengembangan Pemain


  •    Robert
  •    18/05/20 - 18:00
  •    712

Bolalob

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy melihat bahwa pelatih Vietnam Park Hang Seo sangat beruntung karena didukung pembinaan yang baik di negara itu.

Dalam beberapa tahun terakhir Vietnam dibawah arahan Park tampil konsisten di kompetisi internasional. Sebut saja finalis Piala Asia U-23 2018, juara di Piala AFF 2018 dan yang terbaru adalah medali emas SEA Games 2019 di Filipina.




McMenemy menilai kesuksesan Park bersama Timnas Vietnam lebih diwarnai oleh berbagai keberuntungan. Sebut saja generasi emas pemain muda di Vietnam, hasil dari program Jurgen Gede, Direktur Teknik VFF (Federasi Sepak Bola Vietnam) yang belum lama ini mundur dari jabatannya.

“Saya pikir Park Hang Seo beruntung karena mewarisi sistem yang terorganisir dan pemain muda yang baik berkat dukungan Direktur Teknik (Jurgen Gede)” kata McMenemy kepada media Vietnam, Dantri.

“Dia beruntung karena memiliki banyak pemain bagus dan hasilnya menunjukkan bahwa dia melakukannya dengan baik,” lanjutnya.

Park datang menangani Vietnam pada 11 Oktober 2017, di kancah senior ia sukses memiliki presentase kemenangan 50% dalam 22 pertandingan. Selain itu Federasi Sepakbola Vietnam (VFF) juga dengan baik mendukung program Park. halaman 2 dari 3
Di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Vietnam memimpin klasemen grup G dengan 11 poin. Mereka mengincar untuk bisa lolos ke babak ketiga atau terakhir di zona Asia.



McMenemy menambahkan bahwa PSSI seharusnya mencontoh apa yang dilakukan Vietnam, apalagi Indonesia sudah memiliki banyak pemain bertalenta di seluruh penjuru nusantara.

“Saya suka cara orang Vietnam melihat sepak bola di negara ini. Mereka tidak menyombongkan diri bahwa sepak bola Vietnam itu hebat atau apa pun,” kata Simon McMenemy.

“Mereka lebih realistis. Mereka memahami bahwa mengirim pemain ke luar negeri untuk berlatih dan bersaing dalam tim bisa membuatnya semakin kuat,” lanjutnya.

“Jika Indonesia mencoba membawa pemain muda untuk berlatih di luar negeri, tim nasional juga lebih kuat. Tetapi federasi sepak bola negara itu tidak melakukannya,” tuturnya menambahkan.

Nasib McMenemy bersama Timnas Indonesia tak berjalan untuk waktu yang lama. Empat kekalahan di babak kualifikasi Piala Dunia membuatnya dipecat oleh PSSI. Posisinya digantikan oleh pelatih asal Korea Selatan lainnya, Shin Tae Yong. halaman 3 dari 3





Video Trending



Berita Terkait


1591340402627

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?