Ada 5 Pelatih Asing di Liga 2 Musim 2020


  •    Robert
  •    19/05/20 - 17:30
  •    1.683

Ada 5 Pelatih Asing di Liga 2 Musim 2020
Bolalob

Liga 2 baru memainkan satu pertandingan pada musim 2020 sebelum diberhentikan karena pandemi virus corona. Dalam 24 tim yang tampil pada musim ini, terdapat lima klub yang menggunakan jasa pelatih asing.

Sebelumnya, kehadiran pelatih asing di Liga 2 sempat mendapatkan sorotan karena bisa mematikan potensi pelatih lokal.




Meski begitu, tidak ada aturan yang mewajibkan klub Liga 2 harus memakai pelatih lokal. Gengsi pertarungan di ajang Liga 2 memang tak kalah seru dari kasta teratas sepak bola Tanah Air.

Pelatih asing tentu membawa pengalaman baru di setiap tim, guna membawa mereka mendapat tiket promosi. Berikut daftar lima pelatih asing yang membesut klub Liga 2 musim ini:

1. Rafael Berges (Perseru Badak Lampung FC)



Setelah dua musim di Mitra Kukar, pelatih asal Spanyol ini memutuskan kembali membesut klub Liga 2 yakni Perseru Badak Lampung FC.

Berges masuk ke dalam skuad timnas U-23 Spanyol saat memenangi Olimpiade 1992. Pada Februari 2002, di usia 31 tahun Rafael Berges memutuskan pensiun menjadi pemain sepak bola.

Pada 2005 Rafael Berges mulai menjadi pelatih klub Cordoba CF dan Union Deportiva (UD) Almeria. Ia juga pernah melatih Lucena CF, CD Pozoblanco, Real Jaen CF, UD Logones, dan Mitra Kukar. halaman 2 dari 4
2. Marcelo Cirelli (PSBS Biak)



Pelatih asal Argentina ini pernah tampil di Liga Indonesia pada tahun 2010 lalu. Beberapa klub pernah ia bela, sebut saja Persebaya Surabaya, Persidafon Dafonsoro, Persibo Bojonegoro dan Persis Solo.

Sebelum membesut PSBS Biak, Cirelli sempat melatih klub asal Argentina, yakni Colon FC.

3. Raja Isa (PSPS Riau)



Ini menjadi musim kedua Raja Isa bersama PSPS Riau. Pelatih asal Malaysia itu sudah malang melintang melatih klub Indonesia.

Mulai dari Persipura, PSM, Persiram, PSMS, Persijap, hingga Persikabo. Raja Isa pertama kali tiba di Indonesia pada 2007. Ketika itu, ia menjadi asisten pelatih Irfan Bakti di Persipura Jayapura. Setelah membawa Persipura menjadi finalis Copa Indonesia 2007, Raja Isa tercatat banyak melatih klub Indonesia, dari Liga 1 sampai Liga 3. halaman 3 dari 4
4. Eduardo Almeida (Semen Padang)



Pelatih asal Portugal ini membawa perubahan dalam permainan Semen Padang, walau terdegradasi pada musim 2019 lalu, Eduardo masih dipertahankan oleh Kabau Sirah.

Sosok berusia 42 tahun itu memiliki pengalaman segudang dalam melatih, dimana ia pernah menjadi asisten pelatih di Benfica U-16 dalam mengawali karirnya.

5. Alfredo Vera (Persiba Balikpapan)



Alfredo Vera juga merupakan pelatih asing yang memiliki banyak pengalaman di liga Indonesia. Sebelumnya, Alfredo Vera pernah melatih Bhayangkara FC di Liga 1.

Bersama Persebaya Surabaya, Vera sukses meraih kampiun Liga 2 musim 2017 sekaligus promosi ke Liga 1. halaman 4 dari 4






Video Trending



Berita Terkait


1595212202920

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?