Kisah Gol Ronaldo yang Antar Brazil ke Final Piala Dunia 2002: Berkat Futsal


  •    Rissalah Maulana
  •    21/05/20 - 09:50
  •    351

istimewa

Sebelum berkarir di sepakbola, Ronaldo Luis Nazario de Lima lama menekuni futsal hingga beranjak remaja. Dua klub pernah diikutinya selama bermain futsal.

Menurut Ronaldo, Futsal memberinya banyak pelajaran sebagai bekal untuk berkarir di sepakbola. Salah satunya adalah teknik menendang dan penempatan ruang saat diapit lawan.

Salah satu momen yang paling diingat pemain yang pernah populer dengan rambut jambul uniknya tersebut terjadi kala Brazil menghadapi Turki di semifinal Piala Dunia 2002 Korea-Jepang.


halaman 2 dari 3
Saat itu, Turki memberikan perlawanan yang berarti di babak pertama. Kiper Rustu Recber saat itu tampil gemilang dengan mematahkan beberapa peluang emas.

Namun satu-satunya gol yang dicetak kala itu dihasilkan oleh Ronaldo. Mendapatkan bola, sang pemain menyusuri sisi kanan kotak penalti Turki. Dengan dibayang-bayangi oleh tiga orang tendangan 'concong'-nya mengagetkan Rustu yang masuk ke gawang. Gol tersebut menjadi satu-satunya yang tercipta pada pertandingan tersebut.

"Gol yang dicetak pada 2002 di semifinal melawan Turki sudah jelas karena futsal. Biasanya saya menendang bola dengan punggung kaki. Tapirasa sakit membuat saya menendang dengan ujung kaki," ujarnya.

Di ajang tersebut Ronaldo menjadi bintang dengan mencetak delapan gol untuk menjadi top scorer turnamen. Dua golnya di final membawa Brazil juara Piala Dunia 2002.

halaman 3 dari 3


Syahidansyah Lubis, Merantau untuk Jadi Pemain Futsal! - Futsal Talk






Video Trending



Berita Terkait


1587601202284

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?