Proyek Besar Naturalisasi China Masuki Tahap Akhir


  •    Robert
  •    21/05/20 - 12:00
  •    10687

Titan Sports

Dibawah arahan pelatih Li Tie, Tim Nasional China berambisi untuk lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar. Naturalisasi besar-besaran pun dilakukan oleh Federasi Sepakbola China dalam dua tahun terakhir.

Sejak April lalu China melakukan pemusatan latihan, walau jadwal domestik dan internasional hancur akibat pandemi virus corona di wilayah Asia dan dunia.

Dari 28 nama terbaru yang dipanggil oleh Li Tie untuk TC di Shanghai, ada tiga pemain naturalisasi. Aloisio (Luo Guofu), Elkeson(Ai Kesen) dan Nico Yennaris (Li Ke). Dua nama terakhir sudah melakoni debutnya untuk China. Sementara Aloisio baru pertama kalinya mendapat panggilan dari timnas.




Sebenarnya Li Tie ingin memanggil pemain naturalisasi lain asal Brasil, Alan Carvalho. Namun sang striker masih kesulitan mencari jadwal penerbangan dari negaranya menuju mainland.

Pada bulan November lalu CFA membantah kabar tentang rencana mereka melakukan naturalisasi terhadap 50 pemain.

"CFA akan menjalankan kebijakan yang sangat hati-hati untuk memperkenalkan jumlah pemain naturalisasi yang sangat terbatas," kata badan pengatur sepak bola China, yang presidennya Chen Xuyuan mengungkapkan pada Agustus bahwa total sembilan pemain yang dinaturalisasi telah terdaftar di CFA.

Selain itu, CFA juga mengatakan kebijakan pemain asing saat ini tidak akan diubah secara dramatis demi "stabilitas liga profesional".

"CFA tidak pernah membahas pembatalan batasan pemain asing," katanya. Menurut kebijakan saat ini di Liga Super China, setiap klub dapat menampilkan maksimal tiga pemain asing secara bersamaan dalam pertandingan.

"CFA akan menerbitkan peraturan baru tentang pemain yang dinaturalisasi dan pemain asing pada akhir tahun ini, yang untuk pengembangan sehat liga profesional, pesepakbola Cina, dan pemain muda." halaman 2 dari 4
Walau demikian pelatih komitmen Li terhadap strategi naturalisasi CFA dipertanyakan, setelah pemain depan Ai Kesen, alias Elkeson, adalah satu-satunya pemain yang dinaturalisasi yang dipilih untuk kamp pelatihan China Maret lalu di Dubai.

"Tanpa ragu, pemain yang dinaturalisasi dapat meningkatkan kekuatan tim nasional," kata Li Tie April lalu dalam wawancara dengan China Central Television.

"Secara pribadi, saya berharap melihat lebih banyak pemain yang dinaturalisasi bergabung dengan tim nasional.

"Namun yang lebih penting adalah bahwa pemain yang dinaturalisasi memiliki keinginan kuat untuk bermain untuk Tim China dan mencoba yang terbaik di lapangan. Pintu tim nasional terbuka untuk semua pemain, termasuk yang dinaturalisasi."

Proyek naturalisasi mengalami kemunduran lagi bulan lalu ketika Fernandinho (Guangzhou Evergrande) didenda 3 juta yuan ($ 430.000) karena tak menghadiri kamp pelatihan tim barunya di Dubai, di mana pejabat klub tidak dapat menentukan keberadaan pemain berusia 27 tahun itu untuk beberapa hari.

Striker kelahiran Brasil, yang telah bermain di Liga Super Cina sejak 2015, dilaporkan akan menjadi pemain terbaru untuk bergabung dalam proyek naturalisasi China. Dia sejak itu meminta maaf atas pelanggaran disiplin dan bersumpah untuk "menjadi contoh yang baik di dalam dan di luar lapangan".

Kejadian ini diambil oleh para pencela kebijakan naturalisasi sebagai bukti bahwa beberapa pemain impor mendaftar murni karena alasan keuangan dan kurangnya komitmen untuk tujuan nasional di lapangan. halaman 3 dari 4
China sendiri baru bermain satu kali di final Piala Dunia - pada 2002 di Jepang dan Korea Selatan - dengan penampilan kedua di Qatar 2022 sekarang tampak tidak mungkin.

Dengan empat pertandingan kualifikasi babak pertama, China terpaut delapan poin dari pemimpin Grup A Suriah dan memiliki poin yang sama dengan Filipina di tempat ketiga berdasarkan selisih gol. Delapan pemenang grup dan empat runner-up kedua terbaik akan memasuki fase kedua kualifikasi Asia.

Kualifikasi berikutnya akan dimulai pada bulan Maret dan Juni. Namun, pandemi COVID-19 memaksa Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk menunda pertandingan-pertandingan itu dan masih belum jelas kapan kualifikasi akan dilanjutkan. Apakah ambisi dan proyek besar naturalisasi di China dapat berbuah hasil? Menarik untuk dinanti. halaman 4 dari 4





Video Trending



Berita Terkait


1590292802561

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?