Profil Manoel Tobias, Legenda Futsal Brazil Pendahulu Falcao


  •    Rissalah Maulana
  •    21/05/20 - 11:50
  •    305

Bolalob

Sebelum Falcao, Brazil juga punya legenda futsal lainnya yang tak kalah hebat. Namanya Manuel Tobias dan disebut-sebut sebagai salah satu ikon futsal era 90-an.

Manuel Tobias lahir di Salgueiro, Brazil pada 19 April 1971. Masa kecilnya memang telah dekat dengan bola karena sang ayah sempat hampir merasakan menjadi pemain profesional kalau saja tawaran untuk menjadi guru di Sekolah Negeri tak diterimanya.

Dilahirkan dari ayah dan Ibu seorang pendidik, Manoel kecil menjalani hari-hari dengan belajar dan bermain. Bermain sepakbola di jalanan membuatnya punya kemampuan baik dalam memainkan si kulit bundar.

Futsal pertama kali ditekuninya saat bersekolah di mana gurunya melihat bakat Manoel. Selain punya nilai yang bagus di Sekolah, Manoel juga dipanggil untuk memperkuat tim sekolah yang berakhir dengan posisi runner-up. Keadaan jadi lebih serius di mana dirinya diundang untuk bermain di Bandepe. Saat itu nilai rata-rata sekolahnya juga memuaskan di antara 84-89 dari 100.




halaman 2 dari 3
Beberapa tim dilaluinya hingga akhirnya mendapat kontrak profesional pertama di Candeias pada 1989, di umur yang sangat muda yaitu 17 tahun. 3 Gelar juara liga dan kejuaraan lainnya diraih Manoel di tingkat klub. Bahkan Manoel masih mencatatkan rekor sebagai pemain terbanyak yang mencetak gol dalam satu musim di Liga Futsal Brazil dengan 52 gol bersama Atletico Mineiro di musim 1999.

Sejak saat itu, karir Manoel melonjak naik hingga sukses memperkuat Brazil di empat gelaran Piala Dunia dan sukses meraih dua gelar juara yaitu pada 1992 di Hong Kong dan Spanyol pada 1996. Di 1996, selain meraih gelar juara, dirinya juga sukses menjadi top scorer turnamen dengan 14 gol. Pada 2000, meski gagal juara, gelar top scorer juga berhasil diraihnya. 302 gol dicetaknya dalam rentang waktu 12 tahun memperkuat timnas.

Sebelum Falcao, sang pemain telah lebih dulu sukses menggondol gelar pemain terbaik dunia tiga kali berturut-turut pada 2000-2002.

Sempat menjadi pelatih timnas futsal wanita U-20, Manoel yang punya gelar sarjana Manajemen dan Bisnis juga menjalankan proyek pembnaan futsalnya yang bernama Sesc-Ce.

Image may contain: 13 people


halaman 3 dari 3


Bambang Bayu Saptaji - #ASKPLAYER Dapat Jodoh Lewat Futsal






Video Trending



Berita Terkait


1588467153880

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?