3 Faktor yang Membuat Sepak Bola Vietnam Ditakuti Saat Ini


  •    Kukuh Wahyudi
  •    22/05/20 - 06:00
  •    1776

Park Hang-seo, pelatih timnas Vietnam. (vnexpress)

Posisi timnas Vietnam di hidup Simon McMenemy ibarat sebuah chek point. Selalu ada yang berubah saat SImon melawan negara sosialis itu.

Pertemuan pertama terjadi pada Piala AFF 2010. Di momen inilah namanya mulai kondang di sepak bola Asia Tenggara.

Pelatih asal Skotlandia itu membawa Filipina memukul keok Vietnam dengan skor 2-0. Tak ada yang mengira Filipina bisa meraih kemenangan di laga kedua mereka atas Vietnam. Pasalnya, Vietnam berstatus juara bertahan.

Momen kedua hadir di tahun lalu dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Kali ini Simon mengarsiteki Indonesia dan bersua Vietnam.

Berbeda dengan pertemuan pertama 10 tahun lalu, nama Simon justru hancur usai mengahiri laga. Ia tak mampu menghindari kekalahan 1-3 dari Vietnam.

Hasil buruk itu meneruskan tiga kekalahan sebelumnya yang membuat masa kerja Simon dihentikan oleh PSSI alias dipecat.

Mengacu pada dua pengalamannya itu, Simon memiliki kesimpulan terkait perkembangan pesat yang dialami Vietnam dibandingkan dengan Indonesia.

Saat ini Vietnam tak lagi negara medioker, tapi papan atas di Asia Tenggara. Mereka mampu menjadi runner up Piala Asia U-23 2018, juara Pala AFF 2018, dan meraih medali emas SEA Games 2019.

Simon mengungkapkan faktor pendukung keberhasilan Vietnam kepada media Vietnam, Zing.


halaman 2 dari 2
Timnas Vietnam (vnexpress)


1. Kecocokan Antara Park Hang-seo dan Warisan Pemain

Pelatih Vietnam, Park Hang-seo, dinilai Simon memiliki keberuntungan. Strategi yang dimilikinya klop dengan karakter pemain Vietnam saat ini. 

“Saya pikir Tuan Park beruntung mewarisi sistem yang terorganisir dengan baik dan pemain muda dengan dukungan direktur teknis. Saya tidak tahu seberapa hebat perannya, hanya satu hal yang pasti, ia membangun permainan timnya. Namun, ia beruntung memiliki begitu banyak pemain bagus dan hasilnya menunjukkan bahwa ia melakukannya dengan baik,” tuturnya.

2. Mental Pemain Vietnam Luar Biasa

Motivasi dan mental pemain Vietnam dianggap Simon menjadi faktor penting dalam perkembangan timnas mereka saat ini.

“Mereka bersemangat dan siap secara mental untuk bertarung melawan siapa pun. Anda dapat dengan jelas melihat keunggulan pengalaman mereka saat menghadapi kami (Indonesia),” katanya.

3. Langkah Jitu VFF

Federasi sepak bola Vietnam di mata Simon memiliki kebijakan yang sangat tepat. Tak ada gembar-gembor bahwa mereka sedang berada dalam performa terbaik. Mereka terus bergerak dalam mematangkan pemain mudanya. 

“Saya suka cara mereka (VFF) melihat kenyataan di mana sepak bola Vietnam berada. Mereka tidak membual tentang 'sepak bola Vietnam yang hebat' atau sejenisnya. Mereka realistis, mengerti bahwa mereka harus membawa pemain ke luar negeri untuk berlatih dan bersaing untuk membuat tim lebih kuat," ucapnya.






Video Trending



Berita Terkait


1590027602328

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?