Terungkap Alasan Mengagetkan Yanto Basna Jadi Kapten Timnas Indonesia Saat Lawan Malaysia


  •    Robert
  •    22/05/20 - 20:32
  •    2048

Istimewa

Timnas Indonesia menelan kekalahan 2-0 dari Malaysia di Stadion Bukit Jalil pada bulan November lalu di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Saat itu Yanto Basna menjabat sebagai kapten skuat Garuda, banyak pertanyaan yang muncul atas pemilihan itu. Dimana masih banyak nama-nama senior yang tampil pada laga itu.




Caretaker timnas saat itu, Yeyen Tumena menceritakan alasan tentang pemilihan pemain asal Papua itu sebagai kapten tim, dimana banyak penolakan yang datang untuk menjabat sebagai kapten tim. Beban tekanan besar ada, usai timnas menelan tiga kekalahan di awal.

“Tekanan itu ada, bahkan sampai menjelang pertandingan itu kan press conference pre-match, kemudian kita harus menentukan siapa kapten, gua menerima penolakan tiga pemain senior untuk ikut prescon dan menjadi kapten karena beban itu,” kata Yeyen Tumena di YouTube T10 TV.

“Tidak mau ikut prescon dan segala macam, itu pemain senior. Akhirnya gue pilih Yanto Basna karena bilang, ‘oke saya siap coach’. Enggak ada yang mau, terus siapa doang?” lanjutnya.

“Yanto mungkin berani karena dia terbiasa bermain di luar, dia tidak peduli, tidak pernah dengar netizen memaki dia, dan mungkin dia juga bodoh amat. Dia pede, ‘gak apa-apa coach, saya maju’,” tuturnya menceritakan. halaman 2 dari 3
Tak hanya menjadi kapten, sebagai eksekutor pinalti saja para pemain timnas nampak terbebani. Seperti Osas Saha yang gagal menyarangkan bola dari titik putih pada menit ke-83

“Tidak ada yang mau ambil (penalti). Pemain yang mengambil penalti itu sangat kecil penghargaannya. Kalau gol wah besar, kalau tidak gol ya dibilang bodoh,” ujar Yeyen Tumena.

Pemain depan Malaysia, Safawi Rasid, jadi bintang lapangan dengan mencetak dua gol. Gol pertama dicetak pada menit ke-30. Sedangkan gol kedua datang pada menit ke-73.

Indonesia sendiri menelan kekalahan lima kali dalam laga di Grup G Babak Kualifikasi Piala Dunia 2020 zona Asia. halaman 3 dari 3





Video Trending



Berita Terkait


1591024833539

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?