Sejarah Nomor Punggung Ikonik '12' yang Populer di Futsal


  •    Rissalah Maulana
  •    30/05/20 - 20:04
  •    2.247

Sejarah Nomor Punggung Ikonik '12' yang Populer di Futsal
Bolalob

Di sepakbola, beberapa nomor punggung seperti 7, 9,10 atau 11 menjadi ikonik karena dipakai oleh beberapa legenda dan bintang sepakbola dunia.

Nomor punggung tujuh mengingatkan kita pada beberapa pemain sepakbola hebat yang pernah mengenakannya seperti David Beckham ataupun Cristiano Ronaldo. Sementara nomor punggung 10, selain Diego Maradona, tentu saja kita akan langsung teringat dengan Lionel Messi.

Di futsal, hanya ada satu nomor ikonik yang terkenal di seluruh dunia dari berbagai waktu karena si pemakainya yang merupakan legenda dan ikon futsal ternama. Siapa lagi kalau bukan Alessandro Rosa Vieira atau yang akrab disapa Falcao dengan nomor punggung 12-nya.

Jackson



Terkenal di era 2000-an seiring dengan meroketnya kepopuleran olahraga futsal, nomor punggung 12 sebelumnya telah dikenakan oleh beberapa legenda futsal Brazil. Jackson disebut sebagai pemain pertama yang mempopulerkan nomor punggung 12 di futsal.

Jackson yang lahir pada 16 November 1956 awalnya merupakan gelandang serang berkaki kiri yang bermain untuk tim sepakbola Minas Gerais di Brazil. Baru pada akhir 70-an Jackson hijrah ke futsal jelang kejuaraan Amerika Selatan.

Karir Jackson naik hingga sukses meraih dua gelar kejuaraan dunia di 1982 di Brazil dan 19985 di Spanyol. Nomor 12 yang dipakainya juga tak sengaja dipilih. "Di kejuaraan dunia 1982, saya masih dikatakan Junior di timnas. Para pemain senior memilih nomornya lebih dulu," kata Jackson.

"Setelah mereka memilih, hanya tersisa nomor 12, 15 dan 16. Saya memilih 12 dan kita jadi juara dunia kala itu," lanjutnya. Selain menjadi juara turnamen yang jadi cikal bakal Piala Dunia Futsal tersebut, Jackson juga merebut trofi pemain terbaik.



Baca Juga :
halaman 2 dari 4
Vander Iacovino


Onde tudo começou”: campeão dentro e fora das quatro linhas – FPFS

Pada 1987, di usia 31 tahun, Jackson mulai fokus bermain bersama klub daripada timnas. Untuk itu nomor 12 sempat lowong kala dirinya tak dipanggil ke Selecao. Kebetulan saat itu nama Vander Iacovino menjadi wonderkid baru futsal Brazil.

Vander yang berposisi sebagai pivot 11 tahun memperkuat timnas Brazil sejak 1987 dan sukses meraih dua gelar juara Piala Dunia Futsal pada 1992 dan 1996.

Pada 1997, ceder membuat Vander tak dipanggil ke timnas futsal Brazil setelah 12 tahun rutin bermain untuk Selecao. Saat itulah era baru nomor punggung 12 dimulai.

"Saat itu saya dan Vander berada satu klub dan saya sangat mengaguminya. Saya meminta izin untuk memakai nomor punggungnya dan dia tak mempermasalahkan," kata Falcao.



Baca Juga :
halaman 3 dari 4
Era Falcao

Falcao, Sang Dewa Futsal | deeanpersonalblog


Sejak saat itu, Vander dengan rela menyerahkan nomor punggung yang telah menempel dengannya selama 12 tahun kepada Falcao di timnas dan juga di klub.

"Saat pertama berbicara, saya mengatakan kepadanya; 'tetaplah memakai seragam itu karena nomor itu dipakai pemain yang mencetak gol dan membuat sejarah bersama timnas Brazil. Dan saat ini, kita tahun seberapa besar Falcao mewakili olahraga kita. Saya senang bisa berkontribusi terhadap karirnya," ungkap Vander. Setelah itu hingga akhir karirnya pada 2018 lalu, Vander memilih memakai nomor punggung 14.

Dua gelar Piala Dunia Futsal, empat torehan pemain futsal terbaik dunia serta trofi yang tidak terhitung banyaknya berhasil diraih Falcao dengan nomor punggungnya tersebut serta menjadikannya ikon futsal dunia.

Falcao sendiri saat ini telah pensiun sebagai pemain futsal. Patut dinantikan siapa yang akan membawa tuah nomor punggung 12 di Brazil maupun futsal Internasional. halaman 4 dari 4


Ganteng-Ganteng Pemain Futsal, Rizki Xavier - Futsal Talk






Video Trending



Berita Terkait


1594088756756

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?