3 Pemain Indonesia yang Berbekal Ilmu Olahraga dari Bangku Kuliah


  •    Kukuh Wahyudi
  •    27/05/20 - 15:00
  •    2.555

3 Pemain Indonesia yang Berbekal Ilmu Olahraga dari Bangku Kuliah
Riko Simanjuntak (instagram/@riko.smnjuntak)

Menjadi pesepak bola tak melulu harus mengporbankan pendidikan. Faktanya, saat ini banyak pemain yang meniti karier sebagai pemain profesional sambil mengenyam pendidikan di bangku kuliah.

Sebagian dari mereka bahkan menempuh disiplin ilmu atau jurusan kuliah yang sejalan dengan profesinya saat ini sebagai pesepak bola.

Ada tiga contoh nama di Liga 1 2020 yang berbekal ilmu kepelatihan atau olahraga dari bangku kuliahnya, mereka adalah Riko Simanjuntak (Persija), Rachmat Arianto, dan Arif Satria (Persebaya).

Baca Juga :

halaman 2 dari 5

Riko Simanjuntak (Universitas Negeri Medan)

Riko Simanjuntak (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

 

Sebelum tenar seperti sekarang, Riko muda adalah seorang mahasiwa di Jurusan Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Medan.

"Saya kuliah ketika bermain di PSMS. Jadi saya bermain sepak bola sambil kuliah. Saya kuliah sampai semester 7 di Unimed. Materinya seperti dasar-dasar sepak bola, dribel, umpan, dan lain-lain,” ujarnya di Youtube Jebreeetmedia TV.

"Saat saya kuliah, saya juga menjadi asisten dosen. Mata kuliah sepak bola itu asisten dosennya saya," tutur eks pemain Gresik United dan Semen Padang itu.

halaman 4 dari 5

Rachmat Irianto (Universitas Negeri Surabaya)

Rachmat Irianto (Persebaya.id)

 

Jurusan Pendidikan Olahraga juga menjadi jurusan kapten muda Persebaya, Rachmat Irianto. Ia sampai saat ini masih menjalani kuliahnya di Universitas Negeri Surabaya.

Baginya, kuliah menjadi modal penting dalam menunjang kariernya saat ini dan di masa yang akan datang.

halaman 5 dari 5

Arif Satria (Universitas Negeri Padang)

Arif Satria (Persebaya.id)

 

Rekan Rachmat di Persebaya, Arif Satria, juga pernah mengenyam pendidikan di Jurusan Pendidikan Olahraga. Kala itu ia kualiah di Universitas Negeri Padang.

“Ada keuntungan tentunya pernah belajar ilmu olahraga dan kepelatihan di kampus. Karena di kampus bukan hanya diajari olahraga saja, tapi hal-hal lainnya. Seperti nutrisi, gizi, dan penanganan cedera. Saya yakin ilmu-ilmu itu pun dapat berguna saat menjadi pelatih nanti,” ujar eks kapten Persela itu.







Video Trending



Berita Terkait


1598310002260

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?