Begini Jadinya Jika 'New Normal' Diterapkan di Pro Futsal League 2020


  •    Rissalah Maulana
  •    28/05/20Β -Β 19:42
  •    1.781

Begini Jadinya Jika 'New Normal' Diterapkan di Pro Futsal League 2020
Bolalob

Hingga akhir Mei ini, kelanjutan Pro Futsal League 2020 belum jelas karena pandemi Covid-19. Sudah 2,5 bulan lamanya sejak surat terakhir Federasi Futsal Indonesia menghentikan kegiatan futsal yang merupakan komunikasi terakhir dengan klub.

Baru-baru ini, pemerintah juga mengumumkan agar Masyarakat Indonesia mulai bersiap menghadapi 'New Normal' di mana segala aktivitas harus dijalani dengan batasan-batasan dan disiplin diri untuk mencegah virus Corona.

PFL 2020 sendiri masih menyisakan pekan terakhir grup B dan babak final four. Jika laga PFL musim ini dilanjutkan, seharusnya FFI telah menetapkan protokol 'New Normal' untuk melindungi semua yang terlibat.

1. Home Tournament



Pekan terakhir grup B rencananya digelar di GOR Sabilulungan Soreang, Kabupaten Bandung. Sementara final four digelar di GOR UNY Yogyakarta. Untuk meminimalisir pergerakan, maka seharusnya kedua fase ini harus digabung di satu kota dan tempat yang sama.

2. Persiapan Tim Sebelum Bertanding



Untuk hal ini, tim-tim harus sudah tiba di kota penyelenggara PFL minimal 2 Minggu sebelum laga untuk karantina mandiri. Selain itu, FFI juga disarankan membantu memfasilitas pemain untuk melakukan tes kesehatan untuk mendeteksi gejala atau virus Corona.


halaman 2 dari 3

3. Tanpa Penonton



Untuk menghindari penyebaran virus corona lebih lanjut, tentu saja laga harus digelar tanpa penonton. Di sini juga terdapat peran pemegang hak siar untuk membantu agar PFL 2020 masih bisa dinikmati pecinta futsal di seluruh Indonesia.

4. Social Distancing



Protokol ini penting diterapkan jika nantinya PFL 2020 kembali berlanjut. Saat technical meeting, di bench pemain ataupun jarak antar panitia yang berada di lapangan. Aturan ini harus diterapkan tim dan juga panitia selama liga berlangsung baik di dalam maupun di luar lapangan.




5. Meminimalisir Kontak



Meminimalisir kontak selain saat pertandingan dengan berbagai contoh seperti tidak bersalaman, selebrasi dan sebagainya. Selain itu para pemain juga diwajibkan mempunyai botol minuman sendiri. Setelah selesai pertandingan dan membersihkan diri, pemain wajib langsung masuk ke bis untuk kembali ke penginapan serta melarang ke luar penginapan selama liga.

6. Menjaga Kebersihan



Ada banyak cara yang dilakukan untuk menjaga kebersihan selama liga. Contohnya adalah tidak meludah sembarangan dan langsung mandi setelah bertanding dan tak bersentuhan terlebih dahulu. Selain itu FFI juga wajib memberikan alat perlindungan bagi panitia atau perangkat pertandingan seperti masker, sarung tangan dan desinfektan. halaman 3 dari 3


Ganteng-Ganteng Pemain Futsal, Rizki Xavier - Futsal Talk







Video Trending



Berita Terkait


1594032054672

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?