Status Darurat Corona Belum Berakhir di Indonesia, Sinyal Liga 1 Batal Dilanjutkan


  •    Robert
  •    29/05/20 - 12:30
  •    835

Status Darurat Corona Belum Berakhir di Indonesia, Sinyal Liga 1 Batal Dilanjutkan
Ilustrasi Liga 1. (Kukuh Wahyudi/Bolalob)

PSSI sebabagai badan sepakbola tertinggi di Indonesia masih menunggu putusan pemerintah pusat mengenai status darurat bencana virus corona, sebelum menentukan kelanjutan Liga 1 musim ini.

Namun dengan adanya surat edaran Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Status Keadaan Darurat Bencana Nonalam Covid-19 sebagai Bencana Nasional yang dikeluarkan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatanan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, membuat Liga 1 nampak tak akan dilanjutkan.




Surat edaran tersebut merupakan penegasan status keadaan darurat yang masih diberlakukan oleh Presiden Joko Widodo terhadap pandemi Covid-19.

"Meskipun status Keadaan Tertentu Darurat Bencana yang ditetapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berakhir pada Jumat 29 Mei 2020, status keadaan darurat masih diberlakukan," ujar Doni sebagimana dikutip dari keterangan pers Gugus Tugas, Rabu (27/5/2020).

"Ini disebabkan pada peraturan yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo mengenai Penetapan Status Bencana Non-alam Covid-19 sebagai Bencana Nasional belum berakhir," lanjut dia.

Dengan kata lain musim Liga 1 nampak tak mungkin dilanjutkan, yang sudah memainkan tiga pekan dan diberhentikan sejak bulan Maret lalu. halaman 2 dari 4
PSSI bersama dengan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru dan perwakilan klub, pelatih dan pemain sudah melakukan serangkaian pertemuan virtual pekan ini.



Rapat EXCO PSSI untuk menentukan nasib kompetisi pun batal digelar hari ini, Jumat (29/5).

"Sebelumnya kami sudah meeting dengan klub Liga 1. Setelah meeting itu, diputuskan bahwa rapat Exco tidak jadi digelar (Jumat) besok untuk menentukan kompetisi," kata Direktur Bisnis PT Liga Indonesia Baru (LIB), Rudy Kangdra, kepada wartawan.

"Jika nantinya masa darurat bencana diperpanjang, kami akan mengikuti protokol dari pemerintah. Jadi, kompetisi sudah pasti batal, tidak lanjut," ujarnya menambahkan.

Jika LIga 1 musim 2020 tak dilanjutkan, PT LIB dan PSSI akan memutar otak untuk membuat format baru atau turnamen pengganti, agar dunia sepakbola Indonesia tetap berjalan demi kepentingan Timnas Indonesia. halaman 3 dari 4
"Mungkin nanti akan diganti berupa turnamen atau kompetisi yang baru lagi untuk momen kami membereskan semuanya," tutur Rudy.

"Misalnya kompetisi dimulai lagi dari September dan disesuaikan dengan kalender FIFA. Intinya saya tidak mau mendahului, namun informasinya seperti itu," ucapnya mengakhiri pernyataan.

Sebanyak 18 klub Liga 1 tengah memberikan masukan mengenai kelanjutan musim ini, banyak klub yang tak ingin kembali ke lapangan. Ada juga klub yang setuju dengan format atau turnamen pengganti.

Menarik untuk menunggu keputusan apa yang akan dikeluarkan oleh PSSI dalam waktu dekat. halaman 4 dari 4






Video Trending



Berita Terkait


1594113001785

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?